Razia Galian C Milik Lamtamal : Satpol PP ‘Masuk Angin’ - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Razia Galian C Milik Lamtamal : Satpol PP ‘Masuk Angin’

Situasi razia galian c di Desa Bendung, Kecamatan Jetis, Senin (11/11/2013)
Mojokerto-(satujurnal.com)
Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Mojokerto menggelar razia galian C di tiga wilayah kecamatan, Senin (11/11/2013).

Namun kesan tidak tegas dan janggal muncul saat pemangku ketertiban yang dibantu aparat Polresta Mojokerto dan Detasemen Polisi Militer berada di lokasi razia galian C di wilayah Desa Bendung, Kecamatan Jetis. Langkah penghentian dan penyitaan sejumlah alat berat tiba-tiba terhenti tatkala seorang berseragam TNI AL mendatangi lokasi.

Agaknya, korp berseragam coklat mudah ini serta merta mengembalikan semua barang bukti yang mereka sita begitu tahu jika lokasi penambangan itu milik TNI AL.

Padahal, sebelumnya aparat Satpol PP tersebut secara tegas meminta semua pekerja galian C menghentikan aktivitas dengan membubarkan semua armada pengangkut hasil galian sekaligus melakukan penyitaan kunci kontak alat berat dan baterai penggerak mesin becho. Tak hanya itu, identitas operator alat berat pun disita.

Aktivitas di lokasi galian C yang mengeksploitasi tanah di dataran tinggi yang disinyalir tanpa ijin pemerintah setempat itu pun langsung berhenti total. Sementara sejumlah aparat Satpol PP terus melakukan pendataan terhadap operator dan pekerja lainnya. Sebagian aparat memeriksa jurigen yang berisi solar.

Disela-sela petugas menunggu mobil pengangkut alat berat dan proses pendataan barang bukti itulah tiba-tiba datang seorang berseragam TNI AL beratribut Lamtamal V mendatangi petugas razia dan terjadi negosiasi. Ujungnya, Satpol PP memutuskan menyerahkan semua barang bukti yang disita.

Begitu mengetahui hasil negosiasi, para operator dan pekerja pun beraktivitas kembali.


Baik pihak Satpol PP maupun Lamtamal V tidak bersedia diwawancarai awak media. Aparat Satpol PP pun memilih melanjutkan razia di lokasi lain. Sayangnya, di lokasi lain tak ditemuai aktivitas penambangan. Diduga, razia tersebut bocor. (wie) 

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional