Sambut JKN, Walikota Ajak Masyarakat Mandiri - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Sambut JKN, Walikota Ajak Masyarakat Mandiri

Mojokerto-(satujurnal.com)
Kendati Pemkot Mojokerto menggulirkan jaminan kesehatan secara menyeluruh (total coverage) bagi warga, namun Walikota Mojokerto Abdul Gani Soehartono tetap meminta peran serta masyarakat menyambut program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang efektif diberlakukan awal tahun depan. 

““Per 1 Januari 2014. Seluruh masyarakat kota Mojokerto akan memperoleh jaminan kesehatan secara menyeluruh dan paripurna  dengan biaya premi yang ditanggung Pemkot Mojokerto sebesar Rp. 19.225,-. Tapi kedepan saya harapkan kemandririan dari masyarakat kota Mojokerto untuk dapat membiayai premi asuransinya sesuai dengan kemampuan masyarakat masing-masing sebesar Rp. 59.500 untuk pelayanan kelas I, Rp. 42.500,- untuk pelayanan kelas II, dan Rp. 25.000 untuk pelayanan kelas III,” kata Gani dalam sambutannya dalam upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-49 di halaman Rumah Sakit DKT, Jalan R Wijaya, Kota Mojokerto, Jum’at (15/11/2013).

Soal pelaksanaan program total coverage itu pun Gani berharap semua pihak yang berkaitan dengan pelaksanaan pelayanan kesehatan harus mulai berbenah diri. 

“Baik itu persiapan sarana dan prasarana kesehatan serta penyiapan tenaga kesehatan baik secara kuantitas maupun kualitas,” tambahnya.

Selain penekanan terhadap program JKN, peringatan ini juga sebagai momentum terhadap peningkatan upaya promotif dan preventif. Peran aktif kader motivator kesehatan sangat diperlukan dalam rangka penurunan angka kesakitan dan kematian di masyarakat. 

Sementara terkait peringatan Hari Kesehatan Nasional, ia menekankan jika peringatan ini dioptimalkan untuk mengenalkan JKN kepada seluruh rakyat  Indonesia sehingga masyarakat dapat memperoleh manfaat kesehatan sekaligus sebagai momentum penekanan terhadap upaya preventif dan promotif.

Tema Hari Kesehatan Nasional (HKN) periode 2010-2014 adalah lndonesia Cinta Sehat. Tema yang inspiratif ini dipilih untuk menggerakkan segenap komponen bangsa guna mencapai Hidup Sehat. Untuk HKN Ke 49 tahun ini, sub-tema nya adalah Menuju lndonesia Sehat dan Jaminan Kesehatan Nasional Yang Bermutu – 

Untuk memaknai dimulainya pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) pada 1 Januari 2014 - suatu tonggak sejarah menuju masyarakat Indonesia yang sehat, mandiri, dan berkeadilan. 

Selain upacara, dalam peringatan ini juga dilakukan penyerahan penghargaan oleh Walikota kepada pemenang lomba dalam rangka HKN seperti lomba balita sehat, PSN, PHBS, Posyandu dan lomba Poskesdes. (one)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional