Diguyur Hujan Lebat, Gudang Obat Ambruk - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Diguyur Hujan Lebat, Gudang Obat Ambruk



Mojokerto-(satujurnal.com)
Gudang Obat  yang dikendalikan Unit Pengelolaan Farmasi Kesehatan Dinkes Kabupaten Mojokerto di jalan raya Jabon, Kecamatan Mojoanyar.

ambruk pasca diguyur hujan lebat, Selasa (24/12/2013). Ambruknya gudang obat ini, disinyalir kuat tak hanya lantaran guyuran hujan, namun karena bangunan yang sudah tak layak huni itu rapuh lantaran tak ada perawatan dari pemerintah daerah setempat.

Sekilas dari depan, gedung obat itu berdiri kokoh. Namun atap bangunan yang seharusnya kuat dan bersih ini roboh. Akibatnya barang yang berada di dalam gedung itu porak poranda karena tertimpa puing bangunan dan kayu yang patah.

Bagian yang mengalami rusak parah yakni bagian atap yang terbuat dari rangka kayu yang memang sudah rapuh dan genteng yang berlumut karena rendahnya kualitas. Kondisi ini kian parah, karena tak direhab sama sekali.

Slamet Budianto, salah seorang saksi mengatakan, hujan malam disertai angin kencang terjadi sejak Senin (23/12/2013) malam hingga Selasa pagi. “Tiba-tiba saja saya mendengar suara bangunan ambruk,” ujarnya.

Akibat ambruknya gudang obat, saat ini semua obat-obatan dipindah ke gedung lain yang masih dalam satu area kantor.

Sementara itu, Kadis Kesehatan Kabupaten Mojokerto, Endang Sri Woelan mengaku sudah mendapat laporan dari kepala UPT Farmasi. “Penyebab ambruknya gudang obat diantaranya disebabkan kondisi kayu yang memang sudah lapuk dimakan usia,” ujarnya.

Menurut Endang, selain itu komplek gedung farmasi ini tidak pernah mendapat biaya rehap atau perawatan dari pemerintah setempat. “Sebenarnya tahun 2012 ada kucuran dana APBD untuk rehab sebesar Rp 1,070 miliar. Tapi sampai sekarang belum bisa diserap karena tidak ada dana pendampingnya,” kilahnya. (wie)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional