Pelantikan 272 Kades Diwarnai Unjuk Rasa - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Pelantikan 272 Kades Diwarnai Unjuk Rasa



Jombang-(satujurnal.com)
Pelantikan 272 kepala desa (kades) terpilih dalam pilkades serentak digelar di oleh Bupati Nyono Suherli Wihandoko di Pendopo Kabupaten Jombang, Kamis (05/12/2013) diwarnai aksi unjuk rasa massa yang menentang pelantikan salah satu kades terpilih. 

Massa yang diketahui dari Desa Genukwatu, Kecamatan Ngoro, menuntut agar kades terpilih  desa mereka tidak dimasukkan dalam gerbong pelantikan. Tak pelak, aksi yang digelar sesaat setelah prosesi pelantikan berakhir itu pun mengundang perhatian Bupati dan para pejabat Pemkab Jombang. 

“Warga meminta agar Bupati menunda pelantikan Sudirman, kades terpilih dengan perolehan suara sekitar 2.000 dari daftar pemilih tetap sektiar 5.000. Karena terjadi kecurangan,” kata Rohmad, salah satu pendemo. 

Sudirman, sebut Rohmad, melakukan kecurangan dalam Pilkades. “Dia membeli 1.515 suara pemilih,” ungkapnya. 

Unjuk rasa baru berakhir setelah Bupati mengajak para pengunjuk rasa berdialog. Massa menyatakan akan menempuh jalur hukum menggugat panitia pilkades ke Peradilan Tata Usaha Negara (PTUN). (rg)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional