Angka DPT Pileg Turun Dibanding Pilwali - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Angka DPT Pileg Turun Dibanding Pilwali

Mojokerto-(satujurnal.com)
Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kota Mojokerto pemilihan anggota legislatif (pileg) 9 April 2014 sebanyak 93.521 jiwa. Angka yang disetorkan ke KPU Propinsi Jatim hari ini. Itu lebih kecil dari DPT Pilwali Mojokerto Agustus 2013 lalu yang mencapai 93.737 jiwa.

"Sampai saat ini DPT pileg dari data awal dan data tambahan sejumlah 93.521 jiwa. Jumlah ini yang sekarang kami setorkan ke KPU Jatim sebagai DPT pileg Kota Mojokerto," kata Ketua KPU Kota Mojokerto, I Gede Dewa Paramartha, Senin (20/01/2014).

Jika dibandingkan DPT Pilwali, ujar Dewa, angka itu berkurang 216 DPT. "Tapi DPT yang kita setor itu belum final. Karena sebelum H-7 coblosan masih ada pemutakhiran DPT. Karena akan ada DPT khusus," sergahnnya.

Bisa jadi, lanjut Dewa, dalam pemutakhiran data terakhir nantinya jumlah DPT bertambah atau berkurang. "Seperti posisi antara DPT Pilwali dan DPT Pileg ini, banyak faktor yang mempengaruhi, seperti migrasi, kematian dan penambahan jumlah pemilih karena usia pemilih," kilahnya.

Sementara terkait target angka partisipasi pileg, Dewa enggan berkomentar. "Kita tidak memasang target baku. Tapi kita terus melakukan sosialisasi semaksimal mungkin untuk menekan angka golput," katanya.

Ia hanya menyebut, tingkat partisipasi pada pileg 2009 sebesar 80,70 persen. Sedang dalam Pilwali 2003 angka partisipasi naik menjadi 81,40 persen."Kita berharap angka partisipasi Pileg nantinya melampaui Pilwali," pungkasnya. (one)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional