Penertiban Pedagang Asongan KA Ricuh : Nyaris Baku Pukul Antara Pengasong dan Marinir - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Penertiban Pedagang Asongan KA Ricuh : Nyaris Baku Pukul Antara Pengasong dan Marinir

Jombang-(satujurnal.com)
Baku pukul antara anggota marinir dan Polsuska nyaris terjadi di stasiun kereta api (KA) Jombang, Kamis (09/01/2014). Aksi dipicu larangan pedagang asongan berjualan di area stasiun besar Jombang itu.

Pedagang asongan yang nekad menerobos area stasiun dihadang aparat marinir dan Polsuska. Kericuhan di pintu keluar stasiun pun tak terhindarkan. Antara ketiga pihak terlibat saling dorong hingga nyaris baku pukul. Bahkan barang dagangan milik asongan hancur saat terjadi kericuhan.

Sebelumnya, kericuhan juga sempat terjadi di depan ruangan kepala stasiun. Saat pedagang asongan hendak menemui kepala stasiun, dihadang oleh anggota marinir dan polsuska. Ketegangan pun tak terhindarkan hingga membuat pedagang asongan emosi melemparkan barang dagangannya ke lantai.

Insiden yang kesekian kalinya terjadi antara aparat marinir dengan pengasong rupanya berpengaruh pada manajemen Stasiun Besar KA Jombang.

Pihak PT KAI melalui Wakil Kepala Stasiun Besar Jombang menyatakan tidak akan memberikan toleransi maupun kebijakan kepada pedagang asongan karena mengacu pada Undang Undang Perkeretapian Dan Peraturan Pemerintah. Pun soal solusi yang diharapkan pengasong, PT KAI bergeming. Soal bantuan gerobak dagang dari Pemkab Jombang yang belum direalisasi, PT KAI enggan menanggapi. Dinilai, kebijakan bantuan gerobak dagang itu ranah pemerintah daerah, bukan urusan salah satu BUMN tertua tersebut.  

Beberapa pedagang asongan menyesalkan sikap kaku PT KAI. Tak ada solusi apa pun yang ditawarkan manajemen pengendali kuda besi tersebut. Tak pelak, mereka menyatakan akan terus berdagang. Karena hanya mengasong yang jadi tumpuhan hidup keluarga mereka.

“Meski marinir menjaga ketat, saya dan teman-teman tidak mundur. Karena dari asongan lah saya hidup,” kata Urip, salah satu pengasong. (rg)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional