Banjir Desa Kademangan, Satu Rumah Ambruk - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Banjir Desa Kademangan, Satu Rumah Ambruk

Jombang-(satujurnal.com)
Hujan deras disertai angin kencang yang terjadi di wilayah Desa Kademangan, Kecamatan Mojoagung, Jombang, Kamis (06/02/2014) malam tidak saja menenggelamkan pemukiman warga, lantaran ketinggian air mencapai satu meter. Namun salah satu rumah warga roboh akibat terjangan hujan dan angin.

Banjir yang terjadi di Desa Kademangan dipicu meluapnya Sungai Gunting akibat arus air dari wilayah Wonosalam. Debit air di Sungai Gunting terus meninggi, hingga meluber pemukiman padat penduduk.

Kejadian ini merupakan yang ketiga kalinya kurun sebulan terakhir. Lantaran kondisi itu, warga pun mulai mengungsi. Namun ditengah kesibukan mengungsi, tiba-tiba terdengar suara beremuruh. Setelah ditelisik ternyata suara itu berasal dari rumah Riyadi, salah satu warga.

Warga pun gotong royong membongkar puing rumah yang ambruk. Sayangnya, meski Desa Kademangan menjadi wilayah langganan banjir, namun tak ada sedikit pun muncul kepedulian dari pemerintah daerah setempat.

“Banjir sudah jadi langganan disini. Setiap tahun ya banjir begini. Tapi, pemerintah daerah sekali pun tidak pernah memberikan bantuan,” kata Samirin, salah satu warga.

Selain Desa Kademangan, terdapat ada dua desa lainnya yang juga dihajar banjir, yakni Desa Sawahan dan Kebundalem. Ketiga desa tersebut merupakan langganan terendam air setiap musim penghujan datang. (rg)


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional