Pengumuman Hasil Test Honorer K2 Mundur Lagi - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Pengumuman Hasil Test Honorer K2 Mundur Lagi

sumber : www.menpan.go.id
Jakarta-(satujurnal.com)
Untuk kesekian kalinya pengumuman tes kemampuan dasar calon pegawai negeri sipil (TKD CPNS) honorer kategori II (K2) ditunda. 

Penundaan terakhir dari sedianya tanggal 5 Pebruari 2014, dinyatakan lewat surat pemberitahuan Nomor: B/758/S.PAN-RB/2/2014 yang ditandatangani oleh Sekretaris Kemenpan & RB selaku ketua Tim Pengarah Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) penerimaan CPNS, Tasdik Kinanto.

Termaktub dalam surat tersebut, pengumuman hasil TKD CPNS honorer 2013 ditunda karena kendala teknis. Pengumuman akan segera dilaksanakan dalam waktu dekat tanpa menyebut waktu yang pasti .

Skema pengumuman dengan menggunakan format PDF di website Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) ternyata tidak bisa diakses.
Hingga pukul 20.00 WIB, Rabu 5 Februari, pengumuman TKD CPNS honorer K2 memang tidak tampak di tiga alamat situs ini; Kemenpan,Badan Kepegawaian Nasional dan Situs Seleksi CPNS Nasional (SSCN), laman yang menurut rencana akan memajang maklumat tersebut.

situs yang seharusnya memuat nomor peserta lolos ujian tulis beberapa bulan lalu itu hanya memunculkan "502 Bad Gateway” Diduga, hal itu disebabkan oleh banyaknya permintaan masuk yang tidak bisa dihandle oleh server sehingga terjadi time out.

Dikabarkan, pengumuman masih menunggu persetujuan dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Namun sejauh ini belum ada keterangan resmi dari pejabat di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan juga Badan Kepegawaian Nasional.

Sebelumnya, Menpan & RB Azwar Abubakar mengatakan Panselnas seleksi CPNS  melibatkan Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) untuk mengamankan hasil TKD CPNS honorer K-II.

“Lemsaneg memasang watermark, agar hasilnya tidak dapat diutak-atik oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab,” ujar Azwar Abubakar.

Menteri juga menegaskan bahwa dalam menentukan kelulusan PNS dari honorer K-II ini, Panselnas tetap memberlakukan  passing grade. Panselnas menerima masukan, aspirasi dan afirmasi dari berbagai daerah sehingga passing grade satu daerah dengan daerah lain tidak sama. 

Tak bisa diaksesnya web Kemenpan RB ini pun membuat banyak tenaga honorer di daerah panik. Seperti yang terjadi di Kota Mojokerto. Sejak Rabu (05/02/2014) pagi puluhan honorer K2 sudah mendatangi kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Mojokerto. Tak hanya pengumuman di media sehari sebelumnya yang menjadi acuan, namun munculnya SMS berantai di kalangan honorer K2 yang menyebut hasil test sudah diumumkan di kantor Pemkot Mojokerto yang menyebabkan mereka berbondong-bondong menuju kantor BKD. 

Apalagi sebelumnya, pemerintah dengan tegas mengatakan pengumuman CPNS honorer K2 ini akan dilakukan pada tanggal 5 Februari. Meski tidak serentak seluruh kementerian lembaga dan seluruh pemda di Indonesia. Namun harapan mereka pun pupus. Kepala BKD Kota Mojokerto, Agus Endri pun mengaku tak mendapat pemberitahuan apa pun dari pusat soal pengumuman hasil test CPNS honorer K2 tersebut. (one/kr)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional