Cegah Penularan, CJH Disuntik Vaksin Meningitis - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Cegah Penularan, CJH Disuntik Vaksin Meningitis

Jombang-(satujurnal.com)
Ratusan calon jamaah haji (CJH) asal Kabupaten Jombang, menjalani pemeriksaan kesehatan dan diberi vaksin meningitis untuk mencegah serangan penyakit berbahaya saat di Arab Saudi, Kamis (14/08/2014). 

"Pemberian vaksin meningitis ini merupakan salah satu dari rangkaian pemeriksaan kesehatan. Ini dilakukan untuk memastikan bahwa para calon haji tersebut memenuhi syarat kesehatan untuk menjalankan ibadah haji nanti," kata Direktur RSUD Jombang, Puji Umbaran.

Menurutnya, vaksin meningitis adalah vaksin wajib yang harus dilakukan jamaah umrah atau haji untuk melindungi risiko tertular meningitis meningokokus, suatu infeksi yang terjadi pada selaput otak dan sumsum tulang belakang dan keracunan darah. 
         
Penyakit ini bisa mengakibatkan kerusakan otak, hilangnya pendengaran, hingga kematian. Karena itu pemerintah Arab Saudi mewajibkan setiap calon jemaah umrah atau haji untuk mendapatkan vaksin sebagai syarat untuk mendapatkan visa.

Bagi jamaah haji penyakit ini perlu diwaspadai karena penularannya sangat mudah, apalagi pada saat rombongan haji melakukan ibadah di tengah kepadatan lautan manusia.

Sementara terkait wabah Ebola, Puji Umbaran menyatakan jika pihaknya belum menyikapi karena belum ada rekomendasi dari pemerintah pusat. Ia pun menyarankan agar jamaah haji agar menjaga ketahan tubuh,minum air yang banyak dan menjaga kebersihan.(rg)


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional