Terganjal Pasokan Nira, Sopir Tebu Demo PG - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Terganjal Pasokan Nira, Sopir Tebu Demo PG

Mojokerto-(satujurnal.com)
Ratusan sopir truk pengangkut tebu siap giling menggelar aksi parkir sepanjang jalan depan Pabrik Gula (PG) Gempolkrep, Kecamatan Gedeg, Kabupaten Mojokerto, Senin (15/09/2014).

Aksi menderetkan armada tebu ini dipicu langkah PG yang mendatangkan nira. Akibat pasokan bahan pembuat tebu yang sudah berupa cairan tersebut petani merasa dirugikan.

Para supir mengeluh, akibat masuknya nira, jatah pengiriman mereka berkurang dan tersendat. Bahkan, sopir harus bermalam di jalan maupun pabrik untuk menunggu bongkar tebu muatan mereka.

"Pabrik mendatangkan cairan nira dari PG Tulangan Sidoarjo pada malam hari. Cara ini sangat merugikan para petani tebu. Karena jatah petani tebu untuk di kirim sering tersendat," ungkap salah satu sopir, Sariadi, Senin (15/09/2014).

Alasan yang dikemukakan pabrik, lanjut Sariadi, mesin giling rusak. "Yang jelas jatah iriman yang sebelumnya dua rit setiap hari, sekarang hanya satu rit tiap hari," katanya.

Sampai saat ini aksi masih berlangsung. Manajemen akhirnya meminta perwakilan sopir berdialog.

Sementara, ratusan sopir truk yang memarkir truknya di sepanjang Jalan Raya Gedeg diminta untuk memasukkan truknya ke halaman belakang pabrik. (wie)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional