Job Fair II Ditutup dengan 3.289 Pelamar Kerja - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Job Fair II Ditutup dengan 3.289 Pelamar Kerja



Mojokerto-(satujurnal.com)
Bursa kerja gratis bertajuk Job Fair II helatan Disnakertrans Kota Mojokerto di GOR dan Seni Mojopahit, jalan Gajahmada,  berakhir sore tadi. Selama dua hari digelar, tercatat sebanyak 3.289 pencari kerja yang menerobos dunia kerja. Leading sector ketenagakerjaan sebagai pengantar kerja, optimis jika dari ribuan pelamar itu, setidaknya 90 persen akan menjadi tenaga kerja di 40 perusahaan peserta.

Selain karena kualifikasi yang disyaratkan perusahaan relatif bisa dipenuhi pelamar kerja, takaran 90 persen itu bercermin dari hasil job fair I, Juli lalu. Dari 2.785 lowongan kerja, terisi 2.592. “Kita optimis setidaknya 90 persen dari total lowongan kerja bisa terisi,” ujar Kadisnakertrans Amin Wachid, Kamis (16/10/2014).

Kurun dua hari, 15-16 Oktober, ribuan pelamar memang memadati bursa pertemuan pemberi kerja dan pencari kerja ini. Hari pertama, tercatat 1.538 pelamar kerja dan hari kedua, 1751 pelamar kerja.

Yang membedakan, Job Fair II memberi akses luas bagi para difabel yang bersaing di dunia kerja. Hingga ILO (International Labor Organization) pun turun dan memberikan apresiasi dan penghargaan internasional atas kepedulian Pemkot terhadap kaum difabel. Deputy Director ILO CO Jakarta, Ms Michiko Miyamoto pun menyematkan penghargaan ‘Kota Mojokerto Peduli Difabel’. Sedikitnya, 10 difabel yang masuk di bursa kerja ini.

Sementara kerangka besar yang dipasang Pemkot Mojokerto hingga menggulirkan job fair dua kali di tahun ini, yakni untuk mengeliminir angka pengangguran terbuka yang di awal tahun 2014 berada digaris 5,8 persen atau setara 7.000 jiwa. Di job fair I, dari 2.592 pelamar yang berhasil menerobos pintu perusahaan, 800 orang diantaranya warga Kota Mojokerto. Paling tidak, dari angka pengangguran terbuka 7.000 orang, kini terkurangi 800 orang menjadi 6.200 orang. Dipastikan, angka ini akan turun lagi, setelah hasil final penyerapan tenaga kerja di pintu job fair II diketahui. (one)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional