Mahasiswa Unpidu Jombang Promosikan Indoesia Melalui Masakan - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Mahasiswa Unpidu Jombang Promosikan Indoesia Melalui Masakan


Jombang-(satujurnal.com)
Sejumlah mahasiswa Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unpidu), Peterongan Jombang mengikuti lomba memasak serba daging yang digelar di halaman universitas.

Uniknya, penilai masakan dari pejabat Departemen Luar Negeri Amerika Deputi Asia Tenggara.

Juri masakan sengaja dipilih dari warga ekspatriat, lantaran lomba ini sekaligus sebagai upaya mempromosikan masakan Indonesia ke warga asing.

Berbagai persiapan lomba masak yang diikuti mahasiswa dari berbagai jurusan ini digelar juga dalam rangkaian hari raya Idhul Adha.

Masakan yang dilombakan, antara lain tongseng daging kambing yang dilumuri berbagai macam bumbu, diantanya cabe, daun jeruk purut bawang merah dan bawang bombai.

Cara memasaknya, selain bumbu tersebut diuleg juga bawang bombai diris dan dicincang lalu dimasukan kedalam wajan panas, daging potong dimasukan serta irisan tomat dan bunga kol, ditumis hingga matang. Setelah matang masakan siap disajikan dan dilombakan.

Rachel l. Cooke Duputy Director Office of Maritime Southeast Asian affair, mengaku senang bisa diundang menjadi juri ini. “Masakan indonesia yang dilombakan ini semuanya enak dan gurih. Saya sangat menyukai,” akunya.

Lomba tersebut sengaja digelar pihak kampus dengan tujuan merayakan hari raya Idul Adha dan untuk meningkatkan kebersamaan antar mahasiswa,selain itu sebagai wahana memperkenalkan hasanah masakan Indonesia ke warga asing .(rg)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional