Panen Raya Melon, Warga Berebut Gunungan Berhadiah Kambing - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Panen Raya Melon, Warga Berebut Gunungan Berhadiah Kambing



Jombang-(satujurnal.com)
Musim kemarau ternyata membawa berkah bagi petani melon Desa/Kecamatan Bandar Kedung Mulyo, Kabupaten Jombang.

Mereka menandai rasa syukur atas panen yang berlimpah. Panen raya pun digelar warga desa ini. 

Prosesi puncuk panen raya digelar Minggu (26/10/2014) dengan menggelar arak-arak gunungan buah melon keliling desa. Diujung prosesi, warga menyerbu gunungan melon. Yang beruntung, mendapatkan door prize seekor kambing. Kartu door prize berupa hewan ternak ini diselipkan diantara gunungan melon. 

“Puncak panen raya melon kita gelar sebagai wujud rasa syukur para petani atas hasil panen buah melon yang melimpah,” kata Suyono, Kepala Desa Bandar Kedung Mulyo.

Menurutnya, musim kemarau panjang justru menguntungkan para petani melon. “Tanaman buah melon menjadi alternatif bagi para petani yang selama ini mengandalkan tanaman padi,” ujarnya.

Acara rebutan gunungan buah melon ini, ujar Suyono, akan digelar setiap musim panen raya, agar hasilnya terus melimpah. 

Sementara, arak-arakan gunungan melon berakhir di halaman kantor desa. Warga yang sudah sudah tidak sabar menunggu langsung menyerbu dan berebut melon. Tak pelak, begitu berhasil merebut buah melon, serta merta mereka memecah buah berharap terselip kupon hadiah seekor kambing.

Warga yang beruntung mendapatkan kupon pun berteriak lantaran senang. Sementara petani berharap berkah dari prosesi panen raya yang mereka gelar. (rg)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional