Pastikan Kelayakan Kendaraan, Polisi Gelar Razia Bus - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Pastikan Kelayakan Kendaraan, Polisi Gelar Razia Bus

Mojokerto-(satujurnal.com)
Pasca kecelakaan yang menyebabkan 7 orang tewas di Sidoarjo, petugas gabungan Satuan Lalu Lintas Polres Mojokerto Kota dan Dishubkominfo setempat merazia bus di terminal Kertajaya Kota Mojokerto, jalan by pass, Senin (12/10/2014).

Dari razia ini, petugas menemukan banyak bus yang tak layak jalan, karena sejumlah kelengkapan bus tak berfungsi. Setiap bus yang melintas didalam terminal langsung dihentikan diperiksa petugas.

Pemeriksaan terkait surat kendaraan, trayek, uji kir dan perlengkapan bus.

Dari razia ini, petugas menemukan banyak bus yang tak laik jalan, diantaranya, kaca bus dalam kondisi retak serta sejumlah kelengkapan, seperti lampu sign dan wipper tidak berfungsi. Bahkan beberapa bus juga diketahui menggunakan roda yang sudah tak laik pakai dan vulkanisir.

Meski demikian, bus-bus tersebut hanya tetap diperbolehkan jalan dan hanya diberikan surat tilang.

Selain memeriksa kelengkapan bus, petugas juga memberikan pengarahan kepada penumpang bus untuk selalu mengingatkan sopir jika melakukan kebut-kebutan.

Kasatlantas Polres Mojokerto Kota, AKP Triyanto mengatakan, razia dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan seperti di Sidoarjo, pagi tadi  hingga menyebabkan 7 orang meninggal dunia. “Razia akan kita lakukan secara rutin, untuk meminimalisir kecelakaan bus,” katanya. (wie)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional