Desember, 180 Unit Motor Sampah Ditebar Disetiap RW - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Desember, 180 Unit Motor Sampah Ditebar Disetiap RW

Mojokerto-(satujurnal.com)
Sebanyak 180 unit armada sampah berupa motor sampah bakal disebar di 180 rukun warga (RW) se Kota Mojokerto. Pengadaan motor sampah senilai Rp 5,4 dari kantong APBD 2014 di pos Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) setempat ini sudah final.

Diperkirakan, bulan Desember motor sampah model bak tertutup ini sudah bisa dioperasikan setiap RW.
 
"Soal spesifikasi dan harga sudah final. Penyedia barang saat ini sedang merakit bak sampah model tertutup di salah satu rumah warga di Kelurahan Blooto (Kecamatan Prajurit Kulon)," kata Kepala DKP Kota Mojokerto, Suhartono Kamis (20/11/2014).
 
Meski nantinya setiap RW akan ada sarana kebersihan lingkungan berupa motor roda tiga pengangkut sampah, namun tidak dihibahkan ke perangkat RW, semata dipinjampakaikan.
 
"Unit motor sampah itu merupakan belanja modal, sehingga menjadi aset daerah. RW hanya berhak memakai saja," imbuhnya.
 
Operator motor sampah, diserahkan masing-masing RW. "Setiap RW sudah ada kader kebersihan lingkungan. Siapa yang akan ditunjuk sebagai operator, menjadi otoritas RW dan kader (lingkungan)," tukas Hartono.
 
Namun soal perawatan mesin dan kebutuhan suku cadang motor sampah dengan volume hingga 8 meterkubik tersebut, dicover DKP.
 
Pengadaan unit motor sampah yang kian memperpanjang deretan aset daerah yang dipinjampakaikan ke masyarakat ini  melalui e-catalogue yang disediakan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa (LKPP) dengan e-purchasing, atau sistem pembelian barang yang sudah didaftarkan ke dalam e-catalogue. Lelang tetap dilaksanakan, namun yang melakukan adalah pihak LKPP.
 
"Merk motornya Nozomi. Jenisnya Cargo. Harga penawaran penyedia barang, Rp 32,5 juta per unit dan terjadi harga final Rp 30 juta per unit. Saat ini menunggu penyerahannya, kemungkinan bulan depan (Desember)," paparnya. (one)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional