Jusuf Kalla Nilai PG Gempolkrep Terbaik - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Jusuf Kalla Nilai PG Gempolkrep Terbaik

Mojokerto-(satujurnal.com)
Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menilai pabrik gula Gempolkrep terbaik diantara empat pabrik gula yang terakhir ia kunjungi.

Penilai orang nomor dua di Indonesia itu diutarakan usai meninjau bagian produksi pabrik gula dibawa kendali PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X di Kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto, Sabtu (6/12/2014).

"Kita telah meninjau dan menyoroti apa yang telah dilakukan di sini. Jadi saya dalam perjalanan sudah melihat 4 pabrik gula dan ini yang terbaik. Ada yang terburuk dan ada yang terbaik. Ini menjadi pelajaran, bagaimana yang baik itu mentransformasikan ke yang buruk," tutur JK.

Tingkat rendemen 8 persen di PG Gempolkrep inilah yang disebut JK sebagai pabrik terbaik.

JK tiba di pabrik pukul 09.40 WIB didampingi Menko Perekonomian Sofyan Djalil dan Menteri Pertanian Amran Sulaiman. Hadiri juga mantan Gubernur Jawa Timur Imam Utomo, Wakil Gubernur Jatim Syaifullah Yusuf, Bupati Mojokerto Mustofa Kamal Pasa dan Walikota Mojokerto, Mas'ud Yunus..

Direktur Utama PTPN X Subiyono menjelaskan tahapan proses produksi gula hingga menuju gudang jadi.

Usai meninjau PG Gempplkrep, JK langsung menuju pabrik bioethanol yang berjarak beberapa meter dari PG..

Menurut JK, masih lambannya pemasaran bioethanol di dalam negeri karena harganya belum bersaing. Kondisi ini terjadi karena harga BBM subsidi terlalu murah.

"Sekarang dengan harga BBM premium 8.500, tettunya bioethanol bisa bersaing," tukasnya. (one).

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional