PT SHS Nunggak Miliaran Rupiah, Produsen Ancam Stop Kirim Benih Padi ke Petani - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

PT SHS Nunggak Miliaran Rupiah, Produsen Ancam Stop Kirim Benih Padi ke Petani


Jombang(satujurnal.com)
,Sejumlah produsen benih di Jawa Timur resah. Pasalnya PT Sang Hyang Seri (SHS), mitra produsen benih menunggak pembayaran hingga puluhan miliaran rupiah. Akibat nyantolnya uang di BUMN tersebut, para penangkar benih ini terancam tak bisa berproduksi.

Uang penjualan padi subsidi tersebut belum dibayar PT SHS sejak setahun terakhir. Padahal, pembayaran diterima produsen benih setiap musim tanam.

Abdul Karim Jazuli, produsen benih, Karomah Jaya Mandiri asal Jember  mengatakan, sampai saat ini SHS belum juga menyelesaikan pembayaran pembelian benih subsidi dari puluhan produsen benih di Jatim. Padahal kontrak pengadaan benih sudah dipenuhi antara bulan maret-april 2014.

“Bulan Maret lalu kita menerima kontrak suplai benih padi subsidi dari PT SHS Cabang Jember sebanyak 1.500 ton benih senilai rp 12,25 miliar. Dari jumlah itu sudah kita salurkan seluruhnya,” kata Karim, Kamis (04/12/2014).

Ditandaskan Karim, jika tagihan para produsen benih se Jawa Timur belum dibayar SHS, maka mereka sepakat tidak akan mengirim benih. Dan gabah benih akan digiling karena lebih mudah menjualnya.
Para petani pun berharap agar benih padi tidak sampai langkah. Karena jika tidak ada beni bersubsidi dari pemerintah, maka petani tidak akan mampu membeli pada di pasaran karena harganya jauh lebih tinggi dari beni bersubsidi. (rg)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional