Tanggul Sungai Gunting Jebol, 3 Desa Terisolir - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Tanggul Sungai Gunting Jebol, 3 Desa Terisolir

Tanggul Sungai Gunting Jebol, 3 Desa Terisolir

Jombang-(satujurnal.com)
Tanggul sungai Gunting di Desa Sumobito, Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang jebol sepanjang 15 meter dengan lebar tiga meter, Jum'at (20/2/2015).

Jebolnya tanggul yang berada di perbatasan wilayah Kecamatan Mojoagung dan Sumobito ini akibat tak mampu menampung debit air sungai dari kawasan Wonosalam yang berada di lereng gunung Anjasmoro akibat diguyur hujan semalaman.

Akibatnya,ratusan rumah  tiga desa  di Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang terendam banjir. Puluhan hektar sawah dan rumah warga ikut terendam.

Jebolnya tanggul juga mengakibatkan air sungai meluap dan menggenangi sedikitnya 75 hektar lahan pertanian warga di tiga  desa yakni di Desa sumobito dan Curahmalang Kecamatan Sumobito, Desa Karobelah Kecamatan Mojoagung dan Desa Pojokrejo Kecamatan Kesamben,

Bahkan satu-satunya akses jalan yang menghubungkan antar desa terputus, sehingga menyebabkan ratusan kepala keluarga terisolir.

Sementara itu ratusan warga Desa Kademangan masih bertahan di tenda penampungan pengungsi di ruang taman terbuka,Mojoagung.

Pihak BPBD Kabupaten Jombang turun untuk menampung pengungsi di ruang taman terbuka Mojoagung.

Para pengungsi mendapat bantuan makan dan pakaian bekas layak pakai.

Warga korban jebolnya tanggul sungai gunting berharap pemerintah setempat segera memperbaiki tanggul sungai yang jebol, sebab jika tidak segera diperbaiki, para petani terancam gagal tanam dan aktifitas perekonomian warga sekitar sungai lumpuh total.(rg)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional