Tinjau Lokasi Banjir Dawar, Wagub Jatim Janjikan Normalisasi Kali Lamong - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Tinjau Lokasi Banjir Dawar, Wagub Jatim Janjikan Normalisasi Kali Lamong

Tinjau Lokasi Banjir Dawar, Wagub Jatim Janjikan Normalisasi Kali Lamong



Mojokerto-(satujurnal.com)
Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf meninjau lokasi banjir akibat luapan kali Lamong yang masih menggenangi empat desa di Kecamatan Dawar Blandong, Kabupaten Mojokerto, Kamis (12/2/2015) malam.

Gus Ipul, sapaan populer Saifullah Yusuf, langsung meninjau lokasi banjir dan melihat kondisi sejumlah rumah warga yang masih terendam air banjir, seperti kondisi seperti yang ada di dusun Balong.

Selain meninjau lokasi banjir, orang nomor dua di Jawa Timur ini berdialog dengan warga korban banjir. Uneg-uneg warga, yakni agar pemerintah tak hanya memberikan bantuan saja saat banjir, namun agar segera menormalisasi dan membangun tanggul kali Lamong yang selalu meluap dan merendam pemukiman warga.

Pemprov Jawa Timur akan segera menormalisasi kali Lamong. Tapi akan dilakukan tahun depan (2016) saat musim kemarau. Sebab kalau normalisasi kali Lamong dilakukan saat ini, tentu tak bisa mengingat debit air masih sangat tinggi,” katanya.

Normalisasi, lanjut Gus Ipul, akan dilakukan mulai dari hilir kali Lamong di pulau Galang, Kabupaten Gresik. Selanjutnya akan terus bergeser ke hulu melalui beberapa wilayah, seperti kota Surabaya, kabupaten Mojokerto Lamongan dan Bojonegoro. “Soal normalisasi, saat ini pemprov Jatim masih terus berkoordinasi dengan pemda setempat. (wie)


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional