BBM Naik, Harga Bumbu Dapur dan Daging Ayam Menukik - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

BBM Naik, Harga Bumbu Dapur dan Daging Ayam Menukik


Jombang(satujurnal.com)
Pasca kenaikan harga bahan bakar minyak, harga sejumlah bahan kebutuhan pokok di Jombang mulai menukik tajam. Harga daging ayam mengalami kenaikan hingga duapuluh persen. Sementara,harga bumbu dapur,terutama bawang merah mengalami kenaikan hingga seratus persen.

Di Pasar Pon Kota Jombang, kenaikan harga sayur mayor dan bumbu dapur berkisar antara Rp 500n hingga Rp 5 ribu perkilogram.

Latifah, pedagang sayur di pasar ini mengatakan, kenaikan paling besar terjadi pada komoditas tomat yang mencapai lima puluh persen dari Rp 4 ribu menjadi Rp 6 ribu perkilogram. Sementara harga bawang merah mengalami kenaikan hingga seratus persen dari Rp 12 ribu perkilogram menjadi Rp 24 ribu perkilogram. Kenaikan ini terjadi akaibat kenaikan BBM yang berimbas pada kenaikan biaya angkut barang.

Kenaikan harga juga terjadi pada komoditi daging ayam. Kenaikan harga daging jenis ini mencapai dua puluh persen di banding harga sebelum kenaikan BBM. Harga daging ayam dijual di kisaran harga Rp 24 ribu sampai Rp 26 ribu perkilogram, dari dari harga sebelumnya Rp 20 ribu perkilogram. Kenaikan ini membuat omzet pedagang megalami penurunan signifikan.

Kenaikan harga sejumlah kebutuhan hidup pasca kenaikan bbm ini semakin mencekik masyarakat. Pemerintah diminta tanggap dan melakukan langkah cepat untuk stabilisasi harga.(rg)






Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional