Hari Bumi, Mahasiswa Unimas Demo Tuntut Reklamasi Lingkungan - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Hari Bumi, Mahasiswa Unimas Demo Tuntut Reklamasi Lingkungan

Hari Bumi, Mahasiswa Unimas Demo Tuntut Reklamasi Lingkungan




Mojokerto-(satujurnal.com)
Moment Hari Bumi dimanfaatkan belasan mahasiswa Universitas Mayjen Sungkono (Unimas) Mojokerto menyikapi ketidakpekaan pemerintah daerah setempat terhadap kerusakan lingkungan akibat aktivitas industri yang mengabaikan kelestarian lingkungan.

Seruan yang dikemas dalam aksi bentang spanduk dan orasi di depan perkantoran Pemkot Mojokerto di jalan Gajahmada Kota Mojokerto dijaga ketat puluhan aparat kepolisian setempat.

“Kami menuntut tindakan nyata Pemkot dan Pemkab Mojokerto atas timbulnya polusi udara dari limbah pabrik dan penambangan galian C yang tidak menyertakan klausul reklamasi,” lontar Lukman Arif, koordinator aksi.

Selama ini, kata Lukman, pemerintah daerah justru menjadi gerbang timbulnya dampak industri dan rusaknya lingkungan akibat penambangan galian C.

“Banyaknya industri di Mojokerto Kota dan Kabupaten telah menyebabkan dampak berupa pencemaran lingkungan seperti bau dan limbah sehingga membuat air tercemar,” tandas dia.  
Demikian juga dengan pemberian ijin kepada perusahaan-perusahaan pertambangan, lanjut dia, pihak perijinan tidak menyertakan klausul reklamasi. “Sehingga meninggalkan dampak kerusakan lingkungan mematikan mata air,” cetusnya.

Aksi mereka hanya digelar di jalanan, lantaran upaya untuk menyampaikan aspirasi ke pejabat setempat kandas. Akses utama di perkantoran Pemkot ditutup rapat. (one)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional