Said Aqil Siradj Ketum PBNU Terpilih - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Said Aqil Siradj Ketum PBNU Terpilih


Jombang-(satujurnal.com)
Muktamar NU K ke-33 di Jombang akhirnya menetapkan
KH Ma'ruf Amin sebagai Rais Aam dan KH Said Aqil Siradj sebagai Ketua Tanfidziyah atau Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) masa khitmad 2015-2020. 

Dalam sidang yang digelar di Alun-alun Jombang, Jawa Timur, Kamis (6/8/2015) dini hari itu, dua kandidat ketua umum yang berhak maju ke putaran kedua, yakni KH Said Aqil Sirodj yang memperoleh dukungan 287 suara dan KH As’ad Said Ali 107 suara. 

Berdasarkan ketentuan, kandidat yang meraih dukungan suara di atas 99, berhak maju ke putaran selanjutnya. Namun KH As’ad Said Ali menyatakan mundur dari pencalonan. 

Dengan demikian maka pimpinan sidang menetapkan KH Said Aqil sebagai Ketum PBNU terpilih. Sedang Rais Aam Syuriah KH Mustafa Bisri tidak bersedia menjabat Rais Aam. 

"Seharusnya dua yang maju, sehubungan dengan KH As’ad mundur, maka bersama ini kami menetapkan Prof KH Ma’ruf Amin sebagai Rais Aam, dan KH Said Aqil Siroj sebagai Ketum PBNU,” kata pimpinan sidang KH Ahmad Muzakki. (rg)




Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional