Gas Melon Mulai Langka - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Gas Melon Mulai Langka


Jombang-(satujurnal.com)
Kelangkaan elpiji 3 kilogram terjadi di wilayah Kabupaten Jombang, setidaknya dalam dua pekan terakhir.

Stok tabung melon, sebutan untuk elpiji bersubsidi ini selalu habis sebelum waktu pengiriman dari agen tiba. Setidaknya kelangkaan terjadi di sejumlah desa di tiga wilayah kecamatan.

Feri, salah satu pedagang elpiji pangkalan Desa Grogol, Kecamatan Diwek mengatakan, permintaan elpiji kemasan 3 kilogram terus menunjukkan kenaikan. “Jatah pangkalan yang biasanya untuk stok tiga sampai empat hari kini ludes dalam sehari,” katanya.

Diakui, pengiriman ke pengecer selalu terlambat tiga hingga empat hari, sebab pangkalan menunggu pengiriman dari agen. Keterlambatan ini berujung terjadi kekosongan stok di tingkat pengecer. Kondisi ini membuat pengguna elpiji mengeluh sebab kesulitan mendapatkan elpiji bersubsidi.

Para pemilik pangkalan mengaku, kelangkaan elpiji sudah terjadi sejak dua pekan terakhir. Meskipun tiap hari mengirim elpiji  kea gen untuk jatah tiga sampai empat hari, namun dalam waktu sehari stok langsung habis. Selain itu sejumlah pelanggan mengeluhkan isi tabung yang sering kurang dari takaran isi tiga kilogram sehingga cepat habis.

Sementara pihak agen mengaku adanya kenaikan permintaan yang cukup tinggi dari pangkalan. Meskipun pengiriman rutin dengan jumlah yang sama pangkalan terus meminta tambahan pengiriman. Alasannya ada kelangkaan di tingkat pengecer. Agen sendiri tidak tahu apa penyebab tingginya permintaan. Menurut agen, kelangkaan terjadi di sejumlah desa di tiga kecamatan yakni Kecamatan Diwek Jogoroto dan Mojowarno. (rg)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional