Menengok Bursa Akik di Job Fair Disnakertrans Kota Mojokerto - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Menengok Bursa Akik di Job Fair Disnakertrans Kota Mojokerto


PAMOR batu akik yang kabarnya mulai redup setidaknya akan teruji di festival batu akik yang digelar di halaman GOR dan Seni Mojopahit, Jalan Gajahmada, Kota Mojokerto mulai hari ini hingga 10 September 2015.

Festival batu akik yang digelar bareng Job Fair III besutan Disnakertrans Kota Mojokerto bertajuk 'Kemilau Batu Akik Nusantara 2015' yang diikuti puluhan pedagang akik
ini merupakan yang keduakalinya.

Yang pertama digelar bareng Festival Buruh, ujung bulan April lalu.

Wahyu Suryadi, Ketua Komunitas Batu Akik, Mulia dan Permata Kota Mojokerto berharap akan terjadi transaksi yang lebih meningkat, kendati diakui trend batu akik tak lagi menukik.

"Gaung batu akik mungkin saja tidak senyaring tiga empat bulan lalu. Tapi soal transaksi, tidak bisa diprediksi. Tidak menutup kemungkinan justru di festival kali ini nilai transaksinya lebih besar," sergahnya.

Biasanya, ramainya pengunjung bursa akik ini terjadi malam hari. "Pengalaman festival yang pertama, makin malam pengunjung makin ramai," katanya.

Selain transaksi, antara pengunjung dan pedagang akik berinteraksi saling tukar pengalaman dan informasi. 

Kasta setiap jenis batu akik pun tak luput dari bincangan mereka. 

"Kami optimis, festival akik kali ini akan sukses," tukasnya.

Amin Wachid, Kadisnakertrans Kota Mojokerto beralasan, memfasitasi festival dan bursa akik   lantaran batu akik kini jadi ladang
banyak orang. 

Tidak saja penjual batu akik yang meningkat penghasilannya, para perajin cincin atau emban akik, penjual jasa potong dan asah batu akik pun terimbas popularitas batu akik.

"Angka pengangguran tak kentara turun tajam terimbas booming akik," kata Amin yang mengaku menjadi kolektor akik lantaran keunikannya itu. (one)




Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional