Ribuan Siswa di Jombang Gelar Shalat Gaib untuk Korban Mina - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Ribuan Siswa di Jombang Gelar Shalat Gaib untuk Korban Mina


Jombang-(satujurnal.com)
Tragedi Mina yang menewaskan tujuh ratusan jamaah haji terus menuai simpati dan duka dari sejumlah kalangan.

Di Kabupaten Jombang, ribuan siswa dari sejumlah sekolah menggelar salat ghaib dan doa yang ditujukan pada para korban. Sementara para keluarga yang ditinggal diberiketabahan.
Salat ghaib yang digelar ribuan siswa dari berbagai sekolah SD dan SMP dari SD ini dilakukan di Alun-alun Kota Jombang, Jum'at (25/9/2015) pagi.

Shalat ghaib ini di gelar sebelum para siswa menggelar manasik haji.

Dengan imam salah satu guru agama, para siswa baik laki-laki maupun perempuan ini tampak melakukan salat ghoib. 

Tak hanya salat, para siswa juga menggelar doa bersama sebagai bentuk rasa belasungkawa untuk para korban jamaah haji yang meninggal akibat berdesakan saat pertama melaksanakan lempar jumroh akobah.
Dalam doa, mereka berharap seluruh korban yang meninggal baik yang dari luar negeri dan Indonesia diberikan tempat yang layak di sisi Allah. Sementara para korban luka segera diberi kesembuhan agar secepatnya bisa melaksanakan ibadah haji.
Usai melaksanakan doa bersama para siswa kemudian menggelar manasik haji atau latihan berhaji. Para siswa kemudian melakukan rangkain ibadah mulai dari lempar jumroh hingga tawaf.
Menurut salah satu guru di lembaga Islam terpadu, Hartono, doa bersama dan shalat digelar sebagai bentuk solidaritas antar umat Islam dunia atas tragedi Mina. Sebab tragedi tersebut sudah beberapa kali terus berulang dan memunculkan rasa keprihatinan bagi umat Islam.(rg)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional