Bupati Jombang Bakal Evaluasi Penambangan Sirtu - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Bupati Jombang Bakal Evaluasi Penambangan Sirtu


Jombang-(satujurnal.com)
Meski pasca tragedi Lumajang aktifitas penambangan atau galian c di berbagai daerah sudah dirazia dan dihentikan, namun di Kabupaten Jombang aktifitas penambangan atau galian c masih tetap marak.

Seperti aktivitas penambangan di gunung Wayang, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang. Sampai saat ini aktivitas penambangan masih terus berjalan dan terkesan didiamkan oleh aparat.

Akibatnya bukit di gunung Wayang yang berada di wilayah dua desa yakni Desa Menduro dan Desa Karangpakis mengalami kerusakan parah.

Sebagian warga mengaku, sebenarnya merasa resah dan terganggu dengan aktifitas penambangan tersebut, namun mereka takut dan tidak berani menghentikannya. Padahal debu dari aktifitas penambangan tersebut mengganggu tanaman pertanian mereka.

Dikonfirmasi hal ini, Bupati Jombang Nyono Suharli mengakui, saat ini memang masih ada beberapa aktifitas penambangan yang masih berjalan di wilayahnya.

“Ya memang masih ada aktivitas pertambangan di sejumlah tempat,” kata Bupati, Jum’at (9/10/2015).

Namun, Bupati berjanji akan segera melakukan evaluasi terhadap seluruh aktifitas penambangan tersebut, baik yang sudah mengantongi ijin maupun belum. 

“Jika memang dianggap mengganggu dan meresahkan masyarakat akan kita hentikan, agar tidak ada peristiwa seperti yang telah terjadi di Lumajang,” katanya.(rg)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional