Pemuda Jombang Ini Rela Keliling Kampung Buat Taman Baca - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Pemuda Jombang Ini Rela Keliling Kampung Buat Taman Baca


Jombang-(satujurnal.com)
Seorang pemuda di Jombang, rela keliling kampung demi membangunkan minat baca anak. Selain dilakukan secara sukarela, aktivitas tersebut juga dilakukan untuk menggugah pemuda lain agar memberi sumbangsih bagi bangsa.

Adalah Muhammad Wahid, 32 tahun warga Asal Desa Keras, Kecamatan Diwek. Jombang, yang rela menyisakan waktu untuk membuat taman baca keliling ini.

Setiap hari, setelah menyelesaikan tugasnya sebagai guru ekstra kulikulier di sejumlah sekolah, ia pun menjalani aktivitas rutinnya dengan berkeliling kampung.

Dengan modal sejumlah buku yang ada di rak, dari buku pelajaran hingga cerita  anak-anak maupun dewasa, pemuda ini kemudian membawa sebuah boks untuk mencari anak-anak yang sedang bermain.

Ia sudah melakoni menjalankan taman baca keliling dari desa ke desa dengan sepeda motor sejak setahun belakangan. Ia menjalaninya secara sukarela tanpa mengenal patah arang.

Kegiatan ini ia lakukan semata untuk memberi rasa nyaman bagi anak-anak saat belajar dan bermain.

Istrinya pun dilibatkan untuk taman baca keliling ini.

Beberapa anak-anak yang didatanginya tampak langsung berebut buku yang di bawa, sementara sang istri juga beberapa kali bertugas untuk mendongeng untuk anak-anak perempuan.

Menurut Muhammad Wahid, aktivitas yang dilakukan saat ini, sudah menjadi kebiasaan dan sudah menjadi hobi tersendiri.

Selain banyak masyarakat yang mendukung, aktivitas ini juga membuat beberapa orang menyumbang beberapa buku bacaan untuk menambah koleksi.

Bahkan meski secara sukarela, namun aktivitas ini dianggap sebagai aktivitas mulia untuk membuat generasi masa depan anak-anak lebih positif,

Sementara dalam momentum Sumpah Pemuda ini Muhammad Wahid berharap para generasi muda di Indonesia bisa berbuat sedikit untuk memberikan sumbangsi bagi anak-anak.(rg)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional