Antisipasi Puting Beliung, Pemkab Jombang Tebangi Pohon Tua, - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Antisipasi Puting Beliung, Pemkab Jombang Tebangi Pohon Tua,

Antisipasi Puting Beliung, Pemkab Jombang Tebangi Pohon Tua,


Jombang-(satujurnal.com)
Memasuki musim penghujan, pemerintah Kabupaten Jombang semakin selektif menjaga pohon tua yang berada di pinggir jalan raya. 

Pohon yang dianggap berpotensi roboh langsung ditebang.

Langkah ini dilakukan menyusul warning dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jombang terkait ancaman hujan angin memasuki bulan Desember  mendatang.

Apalagi dari data BPBD ada sebelas kecamatan di Jombang yang berpotensi terserang angin puting beliung memasuki hujan.

Penebangan pohon ini mulai dilakukan di jalan KH Wahid Hasyim Jombang. Salah satu jalan protokol ini merupakan padat kendaraan.  

Sejumlah petugas dari Dinas Pekerjaan Umum dan Cipta Karya langsung menyisir dan menebang pohon yang sudah mengering dan berpotensi roboh.

Penebangan pohon ini akan terus dilakukan di sepanjang raya yang memiliki pepohonan berpotensi roboh saat musim penghujan, terutama pohon yang mati dan sudah mengering pangkalnya.

"Kami sudah memberikan informasi ancaman hujan angin saat memasuki hujan pada bulan Desember. Apalagi di Jombang ini ada 11 kecamatan yang menjadi jalur rutin terjadinya ancaman angin puting beliuang," kata Nur Huda, Kepala BPBD Kabupaten Jombang, Kamis (12/11/2015). 

Menurutnya, berdasarkan ramalan cuaca dari BMKG, Jombang akan memasuki musim penghujan bulan Desember mendatang. 

"Sejalan dengan musim penghujan angin kencang biasa mengikuti dan mengancam pohon-pohon besar yang rapuh dan berpotensi bisa tumbang," ujar Nur Huda. (rg)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional