Ritual Memandikan Kucing, Tradisi Warga Dusun Banjarsari Bareng Sambut Musim Hujan - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Ritual Memandikan Kucing, Tradisi Warga Dusun Banjarsari Bareng Sambut Musim Hujan

Ritual Memandikan Kucing, Tradisi Warga Dusun Banjarsari Bareng Sambut Musim Hujan



Jombang-(satujurnal.com)
Memandikan kucing disertai kenduri jajan pasar menyambut datangnya musim hujan mungkin hanya bisa ditemui di Dusun Banjarsar, Desa Bareng, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang.

Ritual menyambut musim hujan ini digelar agar warga dihindarkan dari segala macam bencana dan mara bahaya.

Seperti ritual yang digelar Jum’at (13/11/2015) pagi. Diawali dengan pemukukan kentongan oleh sesepuh dusun pertanda agar warga berkumpul di jalan. Tak menunggu waktu lama, bunyi kentongan itu mengundang kedatangan para warga. Satu persatu warga dusun Banjarsari berdatangan sembari membawa tumpeng kecil berisi aneka jajan pasar, diantaranya jajan pasar, krupuk, roti, serta buah pisang hasil kebun warga.

“Tradisi kenduri dan memandikan kucing digelar warga Dusun Banjarsari setiap tahun saat musim penghujan tiba. Ritual ini sudah dilakukan oleh warga Dusun banjarsari sejak dulu kala. Ini tradisi peninggalan nenek moyang yang  terus dilestarikan agar tradisi kenduri ini tidak punah,” kata Sunaryo, Carik Desa Bareng ditengah kesibukan kenduri.

Menurutnya, kenduri jajan pasar dan mandikan kucing dipercaya warga agar pada musim hujan  dijauhkan dari bencana banjir dan longsor, serta pada musim hujan pertanian warga bisa berhasil dan memetik padi dengan hasil yang berlimpah.(rg)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional