Kasus HIV/AIDs, Jombang Peringkat Kedua Terbanyak Se Jatim - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Kasus HIV/AIDs, Jombang Peringkat Kedua Terbanyak Se Jatim

Kasus HIV/AIDs, Jombang Peringkat Kedua Terbanyak Se Jatim


Jombang-(satujurnal.com)
Kabupaten Jombang berada di peringkat kedua terbanyak pengidap HIV/AIDs setelah Kota Surabaya.

Dinas kesehatan setempat mengidentifikasi, sejak tahun 2002 hingga Oktober 2015, jumlah ODHA (orang dengan HIV/AIDs) sebanyak 857 orang atau setara 130 orang per tahun.

Peringkat kedua yang disandang kota santri ini, karena tahun 2014 ditemukan 139 kasus, sedang kurun bulan Januari hingga Oktober 2015 ditemukan 137 kasus.

“Kurun 13 tahun terakhir, angka penderita HIV/Aids di Kabupaten Jombang terus mengalami peningkatan. Terakumulasi 857 kasus.” Kata Kepala Dinas Kesehatan Jombang, dr Heri Wibowo, Selasa (01/12/2015).

Menurut Heri Wibowo, tingginya angka HIV/AIDs di Kabupaten Jombang,disebabkan adanya penularan virus HIV baik melalui prostitusi terselubung maupun yang lain.

Laki-laki usia produktif dan ibu rumah tangga dengan usia 25 tahun hingga 29 tahun mendominasi kasus ODHA di wilayah ini. Penderita kelompok ini sebanyak 677 orang atau 79 persen dari total penderita penyakit tropis tersebut. Sedangkan untuk penderita anak – anak dibawah 14 tahun pada tahun 2015 ini saja ada 5 penderita.

Sementara korban meninggal akibat HIV/AIDS sebanyak 50 persen dari total penderita. Temuan besar terhadap kasus di Kabupaten Jombang ini berkat mobile Voluntary Counseling and Testing (VCT) yang dilaksanakan oleh pihak Dinkes Kabupaten Jombang. (rg)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional