Mensos Kucurkan Rp 1 Miliar untuk 50 Kube Kota Mojokerto - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Mensos Kucurkan Rp 1 Miliar untuk 50 Kube Kota Mojokerto

Mensos Kucurkan Rp 1 Miliar untuk 50 Kube Kota Mojokerto

Mojokerto-(satujurnal.com)
Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menggulirkan bantuan uang tunai Rp 1 miliar untuk 50 Kelompok Usaha Bersama (Kube) Kota Mojokerto, Kamis (24/12/2015).

Bantuan untuk penguatan Kube itu secara simbolis diserahkan ke Walikota Mojokerto dalam kesempatan 'Kenduri Maulid 5000 Layah' di lapangan Raden Wijaya, Surodinawan.

"Masing-masing Kube dengan jumlah 10 anggota kelompok, menerima Rp 20 juta," terang Mensos Khofifah.

Kube, ujar Khofifah, sifatnya hibah. Diberikan berdasarkan usulan dinas sosial setempat. "Sebelumnya atas usulan itu tim kementerian (Kemensos) turun untuk verifikasi. Setelah tim menyatakan memenuhi syarat, maka bantuan untuk Kube kita salurkan," ujarnya.

Dana yang disalurkan untuk Kube tersebut, kata Khofifah lebih lanjut, merupakan dana bantuan sosial (bansos) untuk produktifiti. "Produktiviti bisa digunakan untuk usaha ekonomi produktif. Jadi, hati-hati beda terminologi, ” tandasnya. 

Selain menyerahkan bantuan Kube, dalam kesempatan itu ia juga meneken prasasti peresmian panti wreda Tribuana Tungga Dewi. 

Mensos Khofifah pun mengapresiasi langkah Pemkot Mojokerto menggratiskan pendidikan dan kesehatan, "Program pendidikan gratis dari jenjang SD hingga SMA serta beasiswa untuk mahasiswa miskin merupakan langkah visioner untuk mencetak SDM handal," ucap dia. (one)





Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional