Tekan Laju Pertumbuhan Penduduk, Pemkot Mojokerto Besut Kampung KB - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Tekan Laju Pertumbuhan Penduduk, Pemkot Mojokerto Besut Kampung KB


Mojokerto-(satujurnal.com)
Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKBPP) Kota Mojokerto bakal meluncurkan program Kampung Keluarga Berencana (KB). 

Kepala BKBPP Kota Mojokerto Gaguk Triprastyo mengatakan, Kampung KB dibesut di lingkungan RW I Lingkungan Randegan, Kelurahan Kedundung, Kecamatan Magersari

"Kami akan meluncurkan program Kampung KB tahun depan 2016. Project pilot program ini di RW1 Lingkungan Randegan," kata Gaguk, Rabu (2/12/2015).

Dipilihnya Lingkungan Randegan yang notabene berbatasan dengan wilayah Kecamatan Mojoanyar Kabupaten Mojokerto tersebut, ujar Gaguk, didasarkan kajian dan analisa dengan berbagai indikator. Diantaranya laju pertumbuhan penduduk, kepesertaan KB dan tingkatan keluarga sejahtera. 

"Kita tidak memilih kampung yang sudah bagus dalam hal pengendalian penduduk dan KB. Justru sebaliknya kita pilih kampung yang banyak permasalahan," imbuhnya. 

Dari pemetaan, laju pertumbuhan penduduk di kampung KB, kata Gaguk, relatif tinggi, sementara tingkat partisipasi KB masih ditataran angka rata-rata. "Dari kacamata keluarga sejahtera, wilayah ini perlu disentuh lebih khusus," papar Gaguk. 

Yang akan digarap di kampung KB, lanjut Gaguk, diantaranya program pengendalian laju penduduk, peningkatan kualitas kepesertaan atau akseptor KB dan pemberdayaan keluarga dari keluarga kurang sejahtera menuju keluarga sejahtera.

"BKBPP sebagai fasilitator, sedang  penanganannya secara lintas sektoral," imbuhnya.

Lebih lanjut dikatakan Gaguk, melalui Kampung KB pula, BKBPP akan menggalakkan program revolusi mental berbasis keluarga seperti tertuang dalam Cita Kelima program Nawa Cita Pemerintahan Presiden Joko Widodo.

"Berdasarkan catatan BKBPP tingkat pertumbuhan penduduk Kota Mojokerto mencapai 2,2 persen. Angka ini masih diatas target penekanan pertumbuhan populasi secara nasional menjadi 1,1 persen.  Ini yang kita garap, salah satunya melalui Kampung KB," tutup Gaguk, (one)





Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional