Demo Tolak Aktivitas Galian C Ricuh, Warga Nyaris Baku Hantam dengan Pekerja Tambang - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Demo Tolak Aktivitas Galian C Ricuh, Warga Nyaris Baku Hantam dengan Pekerja Tambang

Demo Tolak Aktivitas Galian C Ricuh, Warga Nyaris Baku Hantam dengan Pekerja Tambang


Jombang-(satujurnal.com) 
Aksi unjuk rasa menolak tambang galian C yang digelar ratusan warga desa Karang Dagangan Kecamatan Bandar Kedung Mulyo Jombang, Rabu (20/1/2016) diwarnai kericuhan. 

Warga yang akan memblokir jalan masuk menuju lokasi tambang terlibat saling dorong dan nyaris baku hantam dengan pekerja tambang.

Warga menolak keberadaan tambang lantaran mengancam areal sawah dan tempat tinggal mereka.

Beruntung puluhan petugas kepolisian yang melakukan penjagaan berhasil meredam kericuhan.

aksi demo ratusan warga desa Karang Dagangan yang menolak kegiatan tambang galian C yang berada di desa mereka untuk Proyek Tol Mojokerto-Kertosono ini telah mendekati wilayah pemukiman warga. Warga resah dengan kondisi lingkunganya, termasuk sumber mata air dan areal persawahan mereka yang rusak dan kesulitan air.

Sebelum melakukan aksi blokir jalan, warga berunjuk rasa di kantor desa setempat. Perangkat desa mengaku tidak mengetahui proses perijinan tambang yang dilakukan oleh pengusaha ke Pemkab Jombang dan Pemprov Jatim tersebut. 

Untuk menghindari memanasnya situasi, perangkat desa dan pemilik tambang sepakat menghentikan sementara kegiatan penambangan sampai selesainya pemeriksaan keabsahan ijin oleh pemerintah desa ke Pemkab Jombang.

Aksi unjuk rasa ratusan warga menolak operasi tambang ini merupakan aksi yang kesekiankalinya. Warga mengancam akan menghentikan paksa penambangan jika tuntutan mereka diabaikan.(rg)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional