Tak Berideologi Pancasila, Pendaftaran Gafatar Ditolak Bakesbanglinmaspol Kota Mojokerto - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Tak Berideologi Pancasila, Pendaftaran Gafatar Ditolak Bakesbanglinmaspol Kota Mojokerto

Kepala Bakesbanglinmaspol Kota Mojokerto, Anang Fathurozi

Mojokerto-(satujurnal.com)
Selain melakukan aksi sosial di Alun-alun Kota Mojokerto, pengurus ormas Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) ternyata sempat mendaftar ke kantor Bakesbanglinmaspol Kota Mojokerto. Namun langkah mereka terhenti. Karena institusi pemerintah pembina ormas ini menolak mencatat sebagai ormas yang boleh beraktivitas di Kota Mojokerto. 

"Tahun 2014 Gafatar mendaftarkan diri sebagai ormas. Tapi karena secara administrasi tidak memenuhi syarat, ya secara tegas pendaftarannya dinyatakan tidak bisa diterima," kata Kepala Bakesbanglinmaspol Kota Mojokerto Anang Fathurozi, Jum'at (15/1/2016).

Hal yang paling prinsip hingga pendaftaran Gafatar ditolak, kata Anang, karena ormas itu tidak mencantumkan ideologi Pancasila dalam anggaran dasarnya. 

"Ormas harus berideologi Pancasila. Ini mutlak. Sebagaimana aturan yang berlaku. Tapi itu tidak dipenuhi ormas Gafatar," ungkapnya.

Hanya saja Anang tidak membeber lebih jauh soal anggota organisasi yang dibesut Ahmad Musadek tersebut.

Ia pun menyatakan jika di wilayah Mojokerto saat ini steril dari gerakan Gafatar. "Sepanjang pantau Bakesbanglinmaspol tidak ada aktivitas maupun anggota Gafatar di Kota Mojokerto," tukasnya. (one)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional