Diduga Keracunan Soto, Belasan Santriwati Dilarikan ke Puskesmas - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Diduga Keracunan Soto, Belasan Santriwati Dilarikan ke Puskesmas

Jombang-(satujurnal.com)
Sebanyak 18 santriwati Pondok Pesantren (Ponpes) Mambaul Hikam di Desa Jatirejo, Kecamatan Cukir, Kabupaten Jombang keracunan usai menyantap makanan dalam acara buka puasa. Mereka terpaksa menjalani rawat inap di sejumlah puskesmas lantaran mual, muntah dan pusing.  

Layli, salah satu korban mengatakan, keracunan bermula  saat para santriwati mengikuti acara buka puasa bersama pada hari Sabtu (18/6/2016). Ia dan teman sesame santriwati  menyantap soto.

Reaksi mual dan muntah serta pusing tidak muncul seketika. “Tidak ada gejala mual. Baru kemarin (Minggu) siang saya juga teman-teman mulai merasa pusing, lalu muntah-muntah,” terangnya.

Lantaran dehidrasi hebat, Layli dan tujuhbelas santriwati lainnya dilarikan ke puskesmas setempat pada Minggu malam. Namun karena jumlah korban keracunan cukup banyak,  sementara daya tamping puskesmas terbatas, akhirnya sebagian korban dilarikan ke beberapa klinik terdekat.

Perawat puskesmas dan klinik memberikan asupan cairan tambahan secara intensif ke semua korban. Karena rata-rata para korban mengalami dehidrasi berat.

Meski demikian, pihak puskesmas belum mengetahui secara pasti penyebab para korban keracunan. Sementara, dari hasil diagnosa, diduga kuat keracunan akibat makanan soto yang mereka santap. Hanya saja terkait kejadian ini pemilik hajatan enggan memberikan keterangan kepada wartawan.(rg)



Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional