Grebek Apem, Tradisi Sambut Awal Bulan Ramadan - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Grebek Apem, Tradisi Sambut Awal Bulan Ramadan

Jombang-(satujurnal.com)
Grebeg apem,sebuah tradisi mengarak gunungan kue apem menyambut awal bulan ramadan kembali digelar Pemkab Jombang, di depan halaman GOR Merdeka, Jombang, Minggu (5/6/2016).

Bupati Jombang Nyono Suherly membuka helatan ini berharap agar grebek apem menjadi daya tarik wisatawan yang berkunjung ke Jombang.


Dalam hitungan menit, ribuan kue apem yang ditata digunungan ludes diperebutkan masyarakat. Mereka rela jatuh bangun untuk mendapatkan penganan berbahan non beras yang diyakini membawa berkah dalam tradisi memandai dimulai bulan suci ramadan tersebut. , namun grebek apem yang jadi agenda tahunan Pemkab Jombang ini berjalan relatif lancar.

Puluhan anggota polisi diturunkan untuk pengamanan tradisi grebek apem yang selalu ditunggu-tunggu masyarakat tersebut.

Sebelum acara dimulai, gunungan yang berisi ribuan apem sudah disiapkan di depan GOR Merdeka, sementara itu pengunjung yang hadir sudah memenuhi jalan raya .

Gunungan apem spektakuler dan berebut kue apem adalah tradisi rutin Pemkab Jombang yang digelar sehari sebelum hari pertama puasa ramadan.


Tradisi ini juga menandai dibukanya pasar ramadan yang bertempat di sepanjang  jalan Gus Dur. (rg)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional