Ratusan Pelajar SMP di Jombang Terjaring Razia Motor - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Ratusan Pelajar SMP di Jombang Terjaring Razia Motor


Jombang-(satujurnal.com) 
Ratusan siswa SMP di Kabupaten jombang terjaring operasih Patuh yang digelar Satlantas Polres Jombang, Selasa (2/8/2016).

Mereka, diamankan anggota Satlantas polres jombang,karena kedapatan membawa kendaraan motor roda dua saat ke sekolah.

Satu per satu siswa SMP yang mengendarai motor terjaring razia  petugas di perempatan jalan KH Ahmad Dahlan Kota Jombang.

Kunci kontak motor mereka langsung diambil oleh petugas dan mereka digiring menuju ke pos penindakan.

Para siswa yang masih bercelana biru ini menjadi target operasi patuh yang digelar mulai awal bulan Agustus ini karena mereka belum memiliki surat ijin mengemudi atau SIM.

Sesuai ketentuan, para siswa SMP ini tidak diperbolehkan membawa motor sendiri. 

Terhadap lebih dari 100 pelajar yang berhasil diamankan hari ini polisi tak hanya sekedar memberi surat tilang saja. Mereka 
juga diwajibkan mengisi surat pernyataan untuk tidak mengendarai motor lagi sampai usianya cukup untuk mendapatkan SIM. 

Para pelajar ini baru boleh mengambil surat-surat atau kendaraannya yang ditahan petugas dengan syarat membawa serta orang tuanya ke kantor polisi.

Iptu Kusdi, Kanit Patroli Polres Jombang mengaku sengaja menindak tegas para pelajar SMP karena mereka masih dibawah umur dan berbahaya jika dibiarkan mengendarai motor di jalan raya.

Apapun alasannya, petugas menghimbau kepada para orang tua agar tidak memberikan izin kepada putra-putrinya yang belum memiliki sim, untuk mengendarai motor di jalan raya.

"Sebab secara psikis dan fisik mereka masih labil dan bisa membahayakan diri sendiri maupun orang lain jika dipaksakan mengendarai motor," kata  Iptu Kusdi.(rg)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional