Pemohon e-KTP Membludak, Hari Minggu Warga Antri Sejak Subuh - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Pemohon e-KTP Membludak, Hari Minggu Warga Antri Sejak Subuh

Jombang-(satujurnal.com)
Antrian pembuatan KTP elektronik (e-KTP) di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Jombang terus meningkat. Hari Minggu (4/9/2016) pun terjadi antrian panjang. Bahkan, sejumlah warga mengaku sejak subuh sudah antri. Antrean panjang meluber ke kawasan kantor lain sejauh sekitar 200 meter.

Dari ratusan pengantri layanan kartu identitas berbasis NIK ini didominiasi warga Jombang yang bekerja di luar kota.

Akibat membludaknya antrian, sebagian warga yang membawa anak-anak sempat terjepit ditengah kerumunan. Selain itu beberapa warga juga sempat terlibat adu mulut karena ada yang saling serobot. Diantara mereka pun mengaku cukup kesulitan untuk mengurus e-KTP di Jombang lantaran tidak cukup waktu sehari saja.

Minimnya alat perekam e-KTP di Dispendukcapil Kabupaten Jombang sempat membuat warga harus mondar-mandir antri. Hal itu terpaksa dilakukan, lantaran mereka takut jika melewati batas akhir rekam data 30 September 2016 mendatang, maka tidak bisa menikmati pelayanan fasilitas umum.


Sementara data Dispendukcapil Kabupaten Jombang menyebutkan, dari 1,3 juta jiwa warga Jombang, yang belum rekam e-KTP masih sekitar 9.000 jiwa. (rg)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional