Ada Pijat Tradisional di Puskemas Wates - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Ada Pijat Tradisional di Puskemas Wates


Mojokerto-(satujurnal.com)
Puskesmas Wates Kota Mojokerto menambah satu poli baru, yakni poli akupresure atau akupuntur hatra (penyehatan tradisional).

Poli pijat tradisional di puskesmas milik Pemkot Mojokerto ini diresmikan Walikota Mas'ud Yunus, Rabu (02/11/2016).

"Poli akupresure hatra ini bisa
 jadi alternatif bagi masyarakat penyuka pijat tradisional," kata
Kepala Dinas Kesehatan Kota Mojokerto, Christina Indah Wahyu. 

Pijat ini dipercaya secara turun temurun sangat bagus untuk meningkatkan sirkulasi darah bagi tubuh. 

"Oleh sebab itu pembinaan oleh Dinas Kesehatan ini sangat penting untuk alternatif kesehatan warga Kota Mojokerto,” tutur Indah.

Poli akupresure ini pun menambah deretan poli unggulan di puskesmas induk tersebut, antara lain poli lansia, poli laktasi, poli sanitasi, poli indera hingga poli tumbuh kembang.

Dalam peresmian poli pijat tradisional yang melayani pijat bayi hingga lansia tersebut digelar Bazaar Hatra “Sugih Waras”. Basar ini digawangi puluhan warga lansia yang berada di wilayah kelurahan Wates yang unjuk gigi menampilkan berbagai macam produk makanan dan minuman herbal, terapi pengobatan tradisional, tanaman obat herbal dan pelatihan pembuatan jamu tradisional. 

Soal bazar tersebut, Christina Indah Wahyu berharap agar kegiatan itu dapat menjadi ikon Kota Mojokerto yaitu makanan sehat yang berkhasiat. 

"Hatra yang berarti penyehat tradisional ini menjadi salah satu program untuk pola hidup sehat karena makanannya sehat dengan gaya hidup sehat," kata dia. 

Menurutnya, kegiatan ini juga dalam rangka pemberdayaan masyarakat untuk menuju keluarga sehat dengan harapan pendapatan ekonominya juga meningkat dengan kewirausahaan. 
                
Sementara itu, Walikota  Mas’ud Yunus dalam sambutannya mengatakan, dalam upaya meningkatkan derajat hidup kesehatan warga Kota Mojokerto, pemerintah terus berupaya agar kehidupan warga kota ini bisa lebih meningkat kesejahteraannya. 

“Dalam meningkatkan derajat kesehatan, kita lebih meningkatkan upaya promotif dan preventif,” tuturnya.

Untuk hal ini, ia terus mendorong masyarakat Kota Mojokerto untuk memakan makanan yang sehat dan berkhasiat. 

“Karena itulah keberadaan dari Hatra ini sangat membantu sekali dalam rangka memotivasi masyarakat agar mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat dan berkhasiat,” urainya.

 Usai sambutan, Mas'ud Yunus meninjau stan bazaar dengan didahului minum jamu bersama. 

Walikota juga meninjau dan merasakan langsung pijat tradisional di poli skupresure itu. (one)


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional