Fokus LB, Pemkot Mojokerto Rampingkan Anggaran Perjalanan Dinas - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Fokus LB, Pemkot Mojokerto Rampingkan Anggaran Perjalanan Dinas

Mojokerto-(satujurnal.com)
Porsi anggaran perjalanan dinas SKPD di tubuh Pemkot Mojokerto dirampingkan. Menyusul pemangkasan APBD 2017 sebesar 10 persen oleh pemerintah pusat.

Langkah itu diambil walikota agar target proyek pembangunan Lingkar Barat (LB) bisa teralisasi.

"Kita mengurangi perjalanan dinas. Tahun depan kita fokus pada pembangunan infrastruktur dan pembebasan lahan Lingkar Barat dan finishing GMSC (gedung Graha Mojokerto Service City, Red)," kata Walikota Mojokerto, Masud Yunus, Selasa (6/12/2016).

Orang nomer satu di pemerintahan setempat tidak menampik kebijakan pemangkasan anggaran sebesar 10 persen itu membuat pemerintahannya menyusun ulang rencana kerja kedepan.

"Ya disusun ulang. Tapi nyatanya ya tetap bisa saja (berjalan) meski harus berhemat," ujarnya.

Diakui, pihaknya mengalokasikan anggaran cukup besar untuk mengembangkan kawasan barat tersebut.

"Kalau besarannya saya lupa, tapi untuk membuat keseimbangan jalur perekonomian butuh dana besar," kilahnya.

Menurut ia, kawasan di wilayah kecamatan Prajurit Kulon itu akan dibuat dua jalur.

"Akan ada dua jalur dengan lebar jalan 20 meter. Untuk mengatasi jalur kereta api di Blooto, akan kita buatkan jembatan layang karena pihak KAI tidak merekomendasi pembuatan under pass," tambahnya.

Seperti diketahui, porsi APBD Kota Mojokerto tahun anggaran 2017 mendatang turun 10 persen atau setara Rp 90 miliar. Dibandingkan dengan APBD tahun ini yakni sebesar Rp 1,007 triliun berubah menjadi Rp 915 miliiar.

Soal ini, Ketua Komisi I (hukum dan pemerintahan) DPRD Kota Mojokerto, Suliyat meminta agar pengeprasan anggaran tidak berpengaruh pada kelangsungan pelayanan publik.


"Kalau turun pemerintah harus bijak menyikapi peta anggaran. Mana kebijakan prioritas dan mana yang bukan. Setidaknya, kita harus fokus pada pelayanan publik," tandas politisi PDI Perjuangan tersebut. (one)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional