Aksi Saling Dorong Warnai Demo Solidaritas Kendeng - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Aksi Saling Dorong Warnai Demo Solidaritas Kendeng

Aksi Saling Dorong Warnai Demo Solidaritas Kendeng


Jombang-(satujurnal.com)
Demo puluhan massa yang tergabung dalam Gerakan Masyarakat Peduli Agraria (Gempar) Jombang di gedung DPRD setempat, Senin (3/4/2017) sebagai wujud solidaritas terhadap masyarakat di Kendeng, Rembang Jawa Tengah yang menolak pendirian pabrik semen diwarnai aksi saling dorong antara pendemo dengan polisi.

Aksi saling dorong di depan pintu gerbang dipicu langkah polisi yang membentuk pagar betis untuk membendung upaya pendemo yang memaksa masuk halaman DPRD. 

Pendemo menyatakan keinginannya bertemu wakil rakyat mereka. 
  
Beruntung massa aksi berhasil diredam karena dua anggota FKB dan FPDI-P langsung menemui pendemo

Wakil rakyat ini juga bersedia tandatangani petisi diatas kain putih berisi penolakan segala bentuk eksploitasi lahan yang merugikan petani.
 
Selain kesediaan menandatangani petisi penolakan segala bentuk eksploitasi lahan yang merugikan petani, dua politisi itu juga bersedia menyampaikan aspirasi pendemo kepada DPR RI, sehingga pendemo merasa aspirasinya telah tersalurkan.
 
Hakim, koordinator aksi mengatakan, aksi demo sebagai bentuk solidaritas terhadap masyarakat petani di Kendeng, Rembang, Jawa Tengah. 

"Masyarakat di Kendeng tengah berjuang untuk mempertahankan hak-hak petani atas lahan yang didirikan pabrik semen, sehingga masyarakat Kendeng menolak pengoperasian pabrik tersebut," lontar Hakim. 

Selain menyikapi pabrik semen, pendemo juga menyikapi lahan pertanian di Jombang yang berkurang akibat pembangunan perumahan, juga adanya jalan tol yang belum tuntas.(rg)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional