Ini Cara Pemuda Bareng Lestarikan Kesenian Barongan - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Ini Cara Pemuda Bareng Lestarikan Kesenian Barongan

Jombang-(satujurnal.com)
Keberadaan kesenian Barongan, salah satu seni tradisi yang tumbuh dari budaya masyarakat Jombang ini mulai suram.

Barongan adalah sebutan untuk topeng berbentuk kepala ular raksasa yang dimainkan oleh pemain Barongan. Pertunjukan seni Barongan bisanya satu paket dengan seni Kuda Lumping.

Barongan biasanya tampil di ujung pertunjukan seni Kuda Lumping. Barongan menjadi penampil pamungkas dalam sebuah pertunjukan seni Kuda Lumping. Atraksi Barongan inilah yang sejatinya ditunggu-tunggu penonton.

Penampilan Barongan yang unik inilah yang menjadi salah satu alasan sekelompok pemuda di desa Bareng, kecamatan Bareng, Jombang untuk terus menghidupkan Barongan melalui pertunjukan-pertujukan berkala.

Selain itu, dengan kembalinya Barongan ditengah masyarakat, para perajin topeng Barongan pun kembali memiliki lumbung penghasilan. Barongan dibuat dengan bahan pokok kayu. Kayu yang dipilih adalah jenis kayu dadap. Selain mudah dipahat dan tidak mudah pecah saat dimainkan juga tidak terlalu berat,

Meskipun tampak sederhana, namun pembuatannya memerlukan keahlian khusus, karena harus jeli agar ada beda karakter antara satu Barongan dengan Barongan yang lain.


Pembuatan satu buah Barongan
hingga sempurna dan siap dimainkan memakan waktu tidak kurang dari seminggu.

Yang memberi angin segar bagi perajin Barongan, karya mereka tidak saja dipesan seniman Jombang, namun juga dari Kediri dan Mojokerto.

Arif Suyanto, salah satu perajin Barongan desa Bareng menyebut, untuk satu topeng Barongan dihargai Rp 3 juta.

Arif yang juga pemain kudang lumping, seperti halnya para perajin Barongan lainnya berharap agar seni budaya ini mampu bangkit lagi dan menjadi tontonan yang menghibur warga. (rg)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional