Rebutan Air Irigasi, Petani Tewas Dibacok - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Rebutan Air Irigasi, Petani Tewas Dibacok


Jombang-(satujurnal.com)
Warga Dusun Beji, Desa Sawiji, Kecamatan Jogoroto, Jombang, mendadak gempar. Mustofa (60), petani warga setempat ditemukan tewas bersimbah darah dengan luka bacok di area persawahan, Rabu (9/8/2017). 

Kasan (59) tetangga korban, diduga sebagai pelaku. Sedangkan pemicu insiden berdarah itu diduga karena perebutan air untuk irigasi sawah mereka.

Kepala Dusun Beji, Saiful Anwar, usai mengantarkan jasad korban ke kamar jenazah RSUD Jombang mengatakan, pembunuhan itu berawal ketika Mustofa dan Kasan berada di sawah. Lokasi lahan dua petani tersebut berdampingan. Keduanya sama-sama sedang mengairi lahan pertanian yang baru saja ditanami. 

"Mustofa selesai lebih dulu. Namun Kasan tidak terima, karena sesuai jadwal seharusnya Kasan yang lebih dulu.Nah, dari situlah ketegangan bermula. Keduanya sempat terlibat adu mulut", kata Saiful Anwar. 

Puncaknya, Kasan mengayunkan sabit ke arah leher sebelah kiri korban dan roboh bersimbah darah.

"Warga yang berada di sawah kemudian melaporkan kejadian tersebut ke perangkat desa dan kemudian kami teruskan ke polisi," ujar Saiful.

Kapores Jombang AKBP Agung Marlianto membenarkan kejadian itu. Agung menjelaskan, usai kejadian pelaku langsung menyerahkan diri kepada Polisi.

"Korban sudah dibawa ke kamar jenazah. Saat ini petugas sedangkan melakukan olah TKP, katanya.

Selain menangkap pelaku, polisi juga menyita sejumlah barang bukti. Diantaranya, sabit yang digunakan menghabisi korban serta pakaiannya. Selanjutnya, korps berseragam melakukan olah TKP (tempat kejadian perkara). 

Agung menjelaskan, pembunuhan tersebut dipicu oleh perebutan air irigasi di sawah. Karena emosi memuncak, pelaku akhirnya membacok korban. Kapolres memastikan, tidak ada unsur dendam yang melatarbelakangi tragedi berdarah itu.Karena sebelumnya, Mustofa dan Kasan juga berangkat ke sawah bersama-sama. (tar) 

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional