Sebulan, Polisi Jombang Ungkap Puluhan Kasus Narkoba - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Sebulan, Polisi Jombang Ungkap Puluhan Kasus Narkoba

Jombang-(satujurnal.com)
Sebanyak 24 kasus peredaran narkotika di Jombang, Jawa Timur, diungkap Satuan Reserse Narkoba Polres setempat dalam kurun waktu satu bulan. Dari jumlah tersebut, Polisi berhasil meringkus 25 tersangka  dengan barang bukti lebih dari 15 gram sabu, Selasa (31/10/2017).

Kepala Satuan Resnarkoba Polres Jombang, AKP Hasran, mengatakan, banyaknya kasus Narkotika yang yang diungkap ini menunjukkan betapa tinggi peredaran Narkoba diwilayah Kabupaten Jombang. Ironisnya, rata-rata para tersangka yang ditangkap itu berperan sebagai bandar sekaligus juga pengguna.

“Jadi untuk hasil pemeriksaan mereka dapat kita indikasikan sebagai pengedar juga pengguna, rata-rata juga sebagai bandar juga berperan sebagai pengguna. Jadi ancaman hukumanya ini bertahap paling minimal itu empat tahun dan maksimal itu 20 tahun pidana penjara”, kata Hasran.

Selain Narkotika, selaman Bulan Oktober ini Satresnarkoba Kepolisian Jombang juga mengungkap sebanyak 25 kasus obat keras dan berbahaya (okerbaya) dengan total 27 tersangka.  Dari para tersangka ini, Polisipun menyita lebih dari 10 ribu butir pil double L. Yang memprihatinkan, kata Hasran, ada tersangka yang masih berusia dibawah umur bahkan berperan sebagai pengedar.

Untuk memberantas perdaran gelap narkoba di Jombang, Kepolisian Jombang pun gencar melakukan sosialisasi terkait bahayanya penyalahgunaan narkotika jenis apapun. Sosialisasi dilakukan secara rutin khususnya dengan sasaran para pelajar dan mahasiswa. Sebab menurut Hasran, usia remaja tersebut sangat rentan terpengaruh kepada hal negatif, salah satunya penyalahgunaan obat-obat terlarang.


Selain sosialisasi, tutur Kasat Resnarkoba Polres Jombang, AKP Hasran, pihaknya juga menggelar tes urine kepada para PNS (Pegawai Negeri Sipil) di sejumlah isntansi Pemerintah secara mendadak dan berkala. Hal ini untuk mengangtisipasi penggunaan narkotika dikalangan PNS tanpa terkecuali juga kepada aparat kepolisian setempat. (tar)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional