Kelurahan Wates Raih Penghargan Desa Pangan Aman - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Kelurahan Wates Raih Penghargan Desa Pangan Aman

Kelurahan Wates Raih Penghargan Desa Pangan Aman


Mojokerto-(satujurnal.com)
Penghargaan Nasional Desa Pangan Aman 2018 diraih Kelurahan Wates, Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto. Penghargaan diberikan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) RI kepada Kelurahan ini, karena memiliki komitmen tinggi dan peran aktif dalam mewujudkan gerakan keamanan pangan.

Piagam penghargaan tiga besar nasional Desa Pangan Aman ini diserahkan Walikota Mojokerto Mas’ud Yunus kepada Lurah Wates Setijo Prijanto dalam kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) Terintegrasi dan Jum’at Berseri di Panderman Gang 8 Kelurahan Wates, yang juga dihadiri Ketua TP PKK Siti Amsah, Plt. Sekdakot Gentur, Kepala BNN Kota  Mojokerto, Kepala OPD, Camat, dan Lurah, Jum’at (16/3/18).  

Sebelumnya pada 13 Februari lalu di Kelurahan Wates ini telah dilakukan verifikasi oleh Tim Verifikator dari BPOM RI.

Walikota mengaku bangga dengan keberhasilan Kelurahan Wates sebagai wilayah pangan aman di skala tiga besar nasional tersebut.

“Selain menjadi Desa Pangan Aman, Kelurahan Wates ini juga mendapat predikat Posyandu Terbaik Nasional. Ini berkat kerja keras kita semua, dan harus kita pertahankan,” kata Mas’ud Yunus.

Ia pun berpesan agar PSN tetap digiatkan sampai kapanpun.

Kegiatan PSN  dapat menyelamatkan jiwa dan nyawa manusia, dan hasilnya sudah bisa dirasakan oleh masyarakat, buktinya dari 38 Kab Kota se Jatim, kota Mojokerto dinyatakan tidak termasuk  daerah KLB DBD,” papar Mas’ud.

Ditekankan, agar kader jumantik (juru pemantau jentik) menjadi garda terdepan PSN sekaligus memotivasi masyarakat untuk berperilaku hidup sehat. 

“Mari kita ubah mindset keluarga kita, dari pola hidup tidak sehat menjadi pola hidup sehat dan merubah pola hidup tidak bersih menjadi pola hidup bersih,” tuturnya. 

Walikota pun kembali mengingatkan masyarakat untuk mendukung program Kampung Bersih, Sehat, Teduh, Indah dan Aman, dengan harapan setiap orang yang masuk di kampung Kota Mojokerto akan merasa aman dan nyaman. 

“Seperti rumah, tidak perlu mewah tapi yang penting bersih dan nyaman,” pungkas Mas’ud Yunus. (one)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional