Lagi, Kota Mojokerto Dapat Kuota Jargas 10.000 SR - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Lagi, Kota Mojokerto Dapat Kuota Jargas 10.000 SR

Mojokerto-(satujurnal.com)
Kota Mojokerto kembali mendapat bantuan jaringan gas (jargas) untuk rumah tangga dari Kementerian ESDM. 

Jika tahun 2017 jargas menyentuh 5.000 saluran rumah tangga (SR) di wilayah kecamatan Prajurit Kulon,  tahun ini jargas akan terpasang di wilayah kecamatan Magersari dan Kranggan.  Kuota yang diberikan Kementerian ESDM dua kali lipat dari sebelumnya menjadi 10.000 SR. 

Terkait itu,  Plt. Sekretaris Daerah Kota Mojokerto, Gentur Prihantono Sandjojo Putro, membuka rapat persiapan penyusunan Front End Engineering Design (FEED) - Detail Engineering Design For Contructions (DEDC) di Ruang Nusantara Sekretariat Daerah Kota Mojokerto, Senin (23/4/18).

Dalam rapat yang dihadiri Kementerian ESDM RI, PGN Sidoarjo, dan Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Mojokerto, dibahas tentang penentuan wilayah yang akan memperoleh bantuan jaringan gas total 10.000 SR tersebut. 

Pada kesempatan ini, Gentur Prihantono mewakili Wali Kota Mojokerto Mas’ud Yunus sekaligus menyampaikan pesan dari Wali Kota, bahwa Wali Kota mendukung secara penuh pada proyek ini dan akan terus mengawal Camat dan Lurah pada saat pelaksanaan. 

“Pembangunan jaringan gas merupakan salah satu pembangunan infrastruktur, investasi tidak akan tertanam bila infrastrukturnya juga buruk,” ungkap Gentur.

Lebih lanjut Gentur berpesan pada para pemangku terutama Camat dan Lurah, untuk membantu proses pembangunan, begitu juga ketika proses rekondisi.

Dengan adanya jaringan gas ini, diharapkan menjadi lebih efisien, murah, terjangkau, aman untuk mendapatkan energy, mengurangi beban hidup bagi masyarakat terutama Kota Mojokerto. 

“Disamping itu dengan dibangunnya jaringan gas akan mengurangi Impor LPG, menghemat cadangan devisa, pengalihan subsidi untuk lebih tepat sasaran,” paparnya.

Sebagaimana diketahui pada Februari 2018 lalu, Menteri ESDM Ignasius Jonan telah meresmikan 10.101 Sambungan Rumah (SR) Jaringan Distribusi Gas Bumi (Jargas) Rumah Tangga di Kota Mojokerto dan Kabupaten Mojokerto dari dana APBN 2017.

Pembangunan jargas di Kota Mojokerto 5.000 SR meliputi Kecamatan Kauman (502 SR), Mentikan (607), Prajurit Kulon (1.265), Surodinawan (1.522) dan Miji (1.104). Pasokan gas berasal dari Husky CNOOC Madura Limited. (one)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional