Terima SPT, Suyitno Resmi Jabat Plt Walikota Mojokerto - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Terima SPT, Suyitno Resmi Jabat Plt Walikota Mojokerto

Surabaya-(satujurnal.com)
Wakil Walikota Mojokerto Suyitno  ,    akhirnya resmi menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Mojokerto. Menyusul diterimanya Surat Perintah Tugas (SPT) untuk melaksanakan tugas dan wewenang sebagai Walikota Mojokerto yang diserahkan Gubernur Jawa Timur Soekarwo kepada Suyitno, di Gedung Negara Grahadi Jl. Gubernur Suryo, Surabaya, Rabu (16/5/2018). 

Tugas baru yang disandang Suyitno itu 
untuk mengisi kekosongan pemerintahan karena Walikota Mojokerto Masud Yunus  tengah menjalani masa tahanan KPK sejak 9 Mei 2018.

Landasan Gubernur menerbitkan SPT, yakni  Undang Undang nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

"Menurut Undang Undang nomor 23 tahun 2014 bahwa dengan wali kota sebagai tersangka, harus ada surat perintah tugas (SPT) terhadap wakil walikota,” kata Pakde Karwo, sapaan akrab Gubernur Soekarwo dihadapan Sekretaris Daerah Provinsi Jatim, dan sejumlah pejabat teras Pemprov Jatim dan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Mojokerto yang menyaksikan penyerahan SPT tersebut.

Untuk status jabatannya, Pakde Karwo mengatakan bahwa Suyitno masih Wakil Wali kota Mojokerto. 

"Pinsipnya adalah mengisi kekosongan. Pesan saya kepada wawali untuk melanjutkan tugas-tugas sebagai walikota terutama Perda yang belum selesai, dan tugas-tugas lainnya," tekan Pakde Karwo.

Plt Walikota, lanjut dia, juga berkewajiban melakukan koordinasi dengan walikota serta melaporkan hasil tugasnya ke walikota.

"Karena walikotanya berhalangan tiap hari tidak bisa di situ, maka wakil walikota diberi tugas untuk menjalankan perintah walikota, sesuai dengan Perda," lanjut Pakde Karwo.

Selain soal tugas Plt Walikota, Pakde Karwo juga menyinggung masalah keamanan pasca teror bom Surabaya dan Sidoarjo.

"Selama tiga hari ini situasi dan kondisi kurang kondusif sehingga terjadi kepanikan di masyarakat. Untuk itu, saya berharap Wawali dapat meningkatkan koordinasi dengan Forkopimda terkait masalah keamanan lingkungan, dengan menjalankan siskamling dan merespon dengan baik sampai ke tingkat RT/RW," tandasnya.

Sementara itu, menanggapi pesan Gubernur, Wawali Suyitno menyatakan akan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sehingga tujuan pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat akan tercapai. 

"Saya akan melaksanakan tugas-tugas dengan maksimal sehingga tujuan masyarakat sejahtera dapat tercapai. Saya juga mohon dukungan dari semua pihak, baik Ketua DPRD, Kapolres, Dandim, Ketua Pengadilan Negeri,  dan Pak Sekda Kota Mojokerto dalam menjalankan roda pemerintahan di kota Mojokerto,” katanya. (one)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional