Lima Hari Sekolah Masih Uji Coba, Ini Alasan Dispendik - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Lima Hari Sekolah Masih Uji Coba, Ini Alasan Dispendik

Lima Hari Sekolah Masih Uji Coba, Ini Alasan Dispendik

Mojokerto-(satujurnal.com)
Dinas Pendidikan Kota Mojokerto memilih melakukan uji coba  lima hari sekolah selama dua minggu yang dimulai Senin kemarin, kendati mayoritas sekolah menghendaki pola baru itu. 

"Kita akan evaluasi dua minggu lagi untuk masa uji coba ini. Jika mulus ya baru disahkan lewat aturan dan berlaku sampai seterusnya," kata Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Mojokerto, Amin Wakhid, Selasa (24/7/2018).  

Langkah itu diambil lantaran pihaknya tidak ingin terburu-biru menentukan kebijakan lima hari sekolah tersebut.

Mantan Kadis Lingkungan Hidup Kota Mojokerto itu menyebut, lima hari sekolah murni inisiatif sekolah.

"Itu bukan kebijakan Dispendik melainkan usulan sekolah.  Kita hanya menetapkan saja melalui SK. Untuk menyempurnakan kebijakan ini kita perlu studi banding ke Pemkot Surabaya.  Ada beberapa hal yang kita harus belajar kesana," tukasnya.

Data institusinya menyebutkan, lebih kurang 50 dari 59 SD-SLTP negeri dan swasta di Kota Mojokerto mulai Senin (23/7) hari ini turut dalam uji coba 5 hari masuk sekolah. 

Sementara sekitar 10 persen sisanya menyatakan belum siap dengan program mainstream tersebut, dan meminta tambahan waktu untuk menerapkan rencana kekinian tersebut. 
"Dari 59 sekolah SD-SLPT yang ada,  90 persen siap dan memulai masa 5 hari sekolah.  Yang 10 persen belum mengajukan ke Diknas masih dalam proses, " ungkap Amin. 

Kebijakan lima hari sekolah ini merujuk pada program penguatan pendidikan karakter (PPK) yang digagas Kemendikbud. Untuk itu, tinggal mengatur mekanismenya yang menyangkut kegiatan belajar belajar (KBM), baik jadwal maupun kegiatannya. 

Dengan penerapan lima hari sekolah, secara otomatis akan ada penambahan waktu belajar sesuai dengan tingkatannya, namun secara umum tidak akan lebih dari 1 jam 45 menit. Untuk SD pulangnya pukul 14:15 WIB, kalau SMP pulangnya pukul 15:00 namun belum pulang berbunyi pukul 15:15 WIB.

Dalam lima hari sekolah ini tidak hanya diisi pelajaran umum secara penuh, namun juga berbagai kegiatan pembentukan karakter juga ekstrakurikuler. Hari Sabtu, kita harapkan bisa dimanfaatkan siswa untuk berkumpul dengan keluarga.  (one)  


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional