Pemkab Jombang Janjikan Pompa Air untuk Warga Marmoyo - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Pemkab Jombang Janjikan Pompa Air untuk Warga Marmoyo

Jombang-(satujurnal.com)
Pemkab Jombang bakal mendirikan pompa air bagi warga Desa Marmoyo, Kecamatan Kabuh, yang dilanda krisis air bersih setiap datangnya musim kemarau. 

Soal pendirian pompa air ini diutarakan 
Plt. Bupati Jombang, Mundjidah Wahab kepada sejumlah jurnalis, di Pendopo Kabupaten Jombang, Senin (23/7/2018).

“Kita upayakan untuk mesin air itu agar dibangun disana. Kedepan kita usahakan dengan secepatnya, solusi yang terbaik, untuk warga Desa Marmoyo,” terang Mundjidah.

Tak hanya itu, sambil menunggu proses realisasi, pihak Pemkab Jombang, akan memberikan bantuan droping air bersih.  

“Ya kita akan lakukan pengiriman air bersih di situ ya. Dan terimakasih atas informasi yang diberikan teman-teman ya. Dan kedepan kita akan bangun pompa air tepat sesuai dengan sumbernya,” imbuh anak dari Pahlawan Nasional, KH Wahab Chasbullah tersebut.

Sebelumnya, sejak sebulan terakhir datangnya musim kemarau, warga Desa Marmoyo, Kecamatan Kabuh, Jombang, mengalami krisis air bersih. 

Warga setempat terpaksa memanfaatkan air kubangan dan air sungai desa yang keruh dan berbau untuk mencukupi kebutuhan hidup.

Sumur warga di desa ini mengering. Tak ada pilihan lain kecuali memanfaatkan air sungai yang juga mulai kering tanpa memperdulikan kualitas air. Air sungai mereka gunakan untuk masak, mandi dan cuci pakaian. 

Kasto (65), warga setempat mengatakan, air yang diperolehnya dengan cara menggali lubang di tengah sungai yang mengering ini, tak hanya digunakan untuk mandi saja, melainkan juga untuk memasak. 

Kondisi tersebut sudah berlangsung bertahun tahun ketika musim kemarau tiba. 

Warga pun berharap pemerintah daerah setempat turun tangan agar persoalan air bersih disetiap musim kemarau menjadi permasalahan pelik teratasi. (rg)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional