BKKBN Provinsi Jatim Gelar Sosialisasi KKBPK - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

BKKBN Provinsi Jatim Gelar Sosialisasi KKBPK

Mojokerto-(satujurnal.com)
Rangkaian TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke-102 TA. 2018 Kodim 0815 Mojokerto hingga kini terus berjalan. Kali ini sasaran non fisik berupa sosialisasi Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK), Kamis (2/08/2018).

Kegiatan sosialisasi yang berlangsung di Pendopo Balai Desa Bleberan, Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur ini, diselenggarakan BKKBN Provinsi Jatim dan Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (DP2KBPP) Kabupaten Mojokerto bersama Satgas TMMD Reguler Ke-102 TA. 2018 Kodim 0815 Mojokerto.
  
Hadir dalam kegiatan, antara lain Kepala DP2KBPP Kabupaten Mojokerto yang diwakili Abdul Kholiq, Kabid KBKR BKKBN Provinsi Jatim Waluyo Ajeng Lukitowati  S.St,  MM., Kepala Desa Bleberan, Alfiah, Motivator KB Pria Vasektomi Kapten Inf Widod Agus Widaratno,  Pasidalprog  Korem 082/CPYJ, Babinsa Desa Bleberan Serka Anton dan peserta sosialisasi sejumlah 50 orang Para Babinsa Kodim 0815 Mojokerto.

Di awal acara, Kepala DP2KBPP Kabupaten Mojokerto yang diwakili Abdul Kholiq, dalam kata pembukanya menyampaikan, kegiatan sosialisasi Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) ini sangat mendukung progam pembangunan dan pengendalian  penduduk di Mojokerto.   

"Populasi penduduk harus diperhatikan, salahsatunya dengan cara progam KB KKBKP, dan mengharapkan peran serta para Babinsa dalam membantu Progam KB di tingkat desa sehingga berjalan lancar," ujarnya. 

Berikutnya, pemberian materi sosialisasi bertajuk “Kebijakan dan Strategi Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi (KB/KR) dalam optimalisasi KB Pria di Jawa Timur”, oleh Kepala Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi (KB/KR) BKKBN Provinsi Jatim, Waluyo Ajeng Lukitowati, S.St, MM. 

Dalam paparannya, pemateri menjelaskan tentang Visi Pembangunan Nasional Tahun 2015-2019 yakni “Terwujudnya Indonesia yang Berdaulat, Mandiri dan berkepribadian Berdasarkan Gotong Royong”. Dijelaskan pula tentang Sembilan Agenda Strategis Prioritas (Nawacita), Visi Misi BKKBN, Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) dengan sasaran peningkatan partisipasi pria dalam KB sebagai wujud kesetaraan dan keadilan gender.  

Untuk memotivasi para peserta, pada kesempatan tersebut, juga disosialisasikan tentang Metode Operasi Pria (MOP) atau vasektomi, oleh Motivator KB/Pria Vasektomi Kapten Inf Widodo Agus Widaratno Pasidalprog Korem 082/CPYJ.

Disampaikannya alasan mengikuti MOP karena istri tidak cocok menggunakan kontrasepsi hormonal (Pil, Suntik dan Implant).  

Kemudian, di tahun 2010 mengikuti Pelayanan KB MOP, setelah merasakan manfaat MOP yang luar biasa, maka dirinya berkeinginan dan berinisiatif mengajak para pria untuk menjadi akseptor KB MOP. (one)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional